Reaksi Kocak Suporter Timnas Indonesia seusai FIFA Tak Restui Malaysia Naturalisasi Mats Deijl - Halaman all - Tribun Wow

 

Reaksi Kocak Suporter Timnas Indonesia seusai FIFA Tak Restui Malaysia Naturalisasi Mats Deijl - Halaman all - Tribun Wow

TRIBUNWOW.COM - Suporter Timnas Indonesia memberikan reaksi kocak seusai Timnas Malaysia dipastikan gagal menaturalisasi Mats Deijl.

Dilansir TribunWow.com, FIFA tak merestui Malaysia untuk menaturalisasi sosok Mats Deijl.

Hal itu karena garis keturunan Mats Deijl masih terlalu jauh.

Malaysia memang awalnya ingin menaturalisasi Mats Deijl lantaran Go Ahead Eagles disebut memiliki garis keturunan dengan orang malaysia.

Baca juga: Nasib PSIS: Striker Timnas Indonesia-Eks Persib Tak Kunjung Gacor, Evandro Brandao Beri Angin Segar

Baca juga: Daftar Skuad Timnas Indonesia demi Lawan Bahrain dan China, 2 si Anak Hilang Akhirnya Kembali

Apalagi, Mats Deijl disebut-sebut memang berniat membela Timnas Malaysia sehingga berpotensi untuk dinaturalisasi.

Timnas Malaysia pun bergerak dan melakukan segala upaya agar Mats Deijl bisa dinaturalisasi dan menjadi warga negara Malaysia.

Sayang, upaya Timnas Malaysia untuk mendapatkan Mats Deijl berakhir dengan gigit jari

Setelah dicek, ternyata darah Malaysia dalam diri Mats Deijl berasal dari nenek moyangnya dan tak setingkat kakek dan nenek, sebagaimana ketentuan FIFA.

Kabar kegagalan Timnas Malaysia dalam menaturalisasi Mats Deijl itu juga disampaikan Malaysia melalui Instagram Federasi Sepak Bola Malaysia, FAM, @famalaysia, Selasa (1/10/2024).

Berikut pernyataan dari Federasi Sepak Bola Malaysia setelah gagal menaturalisasi Mats Deijl.

Baca juga: Daftar 27 Pemain Timnas Indonesia untuk Hadapi Bahrain & China: Mees-Eliano Merapat, Hubner Tak Ada

RILIS MEDIA: MATS DEIJL KONFIRMASI FIFA TIDAK MELEBIHI PERSYARATAN KELAYAKAN UNTUK BERGABUNG DENGAN SKUAD HARIMAU MALAYAN

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menginformasikan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah memastikan pemain klub Go Ahead Eagles asal Belanda, Mats Deijl belum lolos persyaratan kelayakan untuk bergabung dengan skuad Timnas Malaysia.

Pasalnya, berdasarkan dokumen yang terlampir, diketahui pemain berusia 27 tahun itu hanya memiliki darah Malaysia melalui nenek moyangnya dan bukan melalui kakek dan neneknya sebagaimana diatur dalam ketentuan FIFA.

Sebelumnya, pemain tersebut sudah menunjukkan ketertarikannya untuk mewakili timnas Malaysia dan FAM telah mendapat informasi bahwa pemain tersebut memiliki darah Malaysia.

Dengan demikian FAM sejak 27 Juni 2024 sudah bisa menghubungi pihak klub, agen, dan sang pemain sendiri secara resmi untuk membicarakan kelayakannya bermain bersama timnas Malaysia.

Dari hasil diskusi tersebut, pemain tersebut telah memberikan dokumen terkait silsilah keluarganya yang menunjukkan bahwa ia memiliki hubungan dengan negara Malaysia termasuk akta kelahirannya, ayahnya, kakeknya (dari pihak ayahnya) serta konfirmasinya. dari kelahiran leluhurnya (dari pihak ayahnya) yang merupakan ibu dari kakek pemain.

Berdasarkan ulasan, pemain ini memiliki darah Malaysia melalui nenek moyang (ibu dari kakek pemain) yang lahir di Singapura pada tanggal 24 Juni 1893, yang mana Singapura saat itu merupakan bagian dari Malaya.

Merujuk pada Pasal 8 Peraturan yang Mengatur Penerapan Statuta FIFA terkait kelayakan mewakili tim nasional, (Regulations Governing The Application Of The Statutes), setiap pemain dapat mewakili suatu negara jika pemain tersebut memenuhi syarat-syarat berikut."

Pertama, pemain tersebut lahir di negara tersebut; atau kedua, ibu dan ayah pemain lahir di negara tersebut; atau ketiga, kakek dan nenek pemain lahir di negara tersebut; atau keempat, pemain tersebut tinggal di negara tersebut selama lebih dari lima tahun.

Baca juga: Timnas Indonesia Segera Naturalisasi 2 Berlian Eropa: 1 Harganya Ngalahin 23 Pilar Australia

Kegagalan Timnas Malaysia dalam menaturalisasi Mats Deijl itu menarik perhatian suporter Timnas Indonesia.

Sebagian besar warganet dan suporter Timnas Indonesia memberi sentilan dan sindiran keras kepada Malaysia.

"Sungguh tak apa, Masih Ada Mats Dalang, Player Halfblood kacukan Durian runtoh siap sokong Harimau Malaya Desember besok," tulis @reviewg*****.

"Ayo rakyat Indonesia semuanya. Kita ketawakan Malaysia," tulis @reza_ami******.

"tok dalang, tolong naturalisasi Towel dkk," tulis @ri******.

"buat fans Malaysia, kurang kurangin koar koar dapat pemain keturunan yang belom pasti, ntar kecewa kayak gini , malu + sakit hati kalian dengerin nyaa," tulis @timna*******.

"padahal udah bikin hype rumor sana sini, ternyata gak jadi naturalisasi," tulis @your_fav********.

(TribunWow.com/Yonatan Krisna Halman Tri Santosa)

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News 

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita