Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan Peparnas XVII Solo 2024, God Bless Bintang Tamu Utama - Kompas

 

Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan Peparnas XVII Solo 2024, God Bless Bintang Tamu Utama

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara pembukaan Peparnas XVII Solo 2024 di Stadion Manahan, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu (6/10/2024).

Kepala Negara bersama Ibu Negara Iriana Jokowi mengikuti rangkian pembukaan Peparnas XVII Solo yang dimulai pada 19.00 WIB.

Keduanya tampak serasi menggunakan setelan baju dan jaket olahraga Peparnas XVII Solo 2024 dilengkapi topi berwarna putih.

"Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di tempat acara Pembukaan Peparnas XVII Solo 2024," kata pembawa acara dan dilanjutkan mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

Baca juga: Menpora Klaim Peparnas XVII Solo Tak Ada Keluhan Konsumsi dan Fasilitas

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun dan pejabat lainnya hadir dalam acara tersebut. 

Rangkaian pembukaan dimulai dengan parade atlet yang berasal dari 35 provinsi di Indonesia. Mereka akan bertanding dalam 20 cabang olahraga (cabor).

Dilanjutkan aksi sejumlah musisi disabilitas serta penari daerah yang menunjukkan kemampuannya di hadapan ribuan penonton yang hadir.

Baca juga: Paus Fransiskus Akan Berkeliling SUGBK dengan Mobil Maung MV3 Sebelum Misa Agung

"Yang tampil di situ adalah lebih banyak dari teman-teman difabel karena di manapun juga inilah Peparnas untuk bisa menunjukkan kemampuan di sisi prestasi dan juga ditunjukkan dengan seni budaya," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Surono. 

Upacara Pembukaan ini turut menampilkan dua bintang tamu utama, yakni grup musik legendaris, God Bless, serta penyanyi dangdut, Yeni Inka.

Sebelumnya, rangkaian pembukaan dilaksanakan sejak pukul 15.00 WIB pada saat pengunjung mulai berdatangan di stadion kebanggaan warga Solo. 

Baca juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Peparnas XVII 2024 di Kota Solo

Di luar Stadion Manahan, Solo, pengunjung dihibur Base Jam, grup musik asal Jakarta. Mereka tampil pada festival Peparnas XVII bersama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di depan Velodrome Manahan. 

Kota Solo menjadi tuan rumah bersama dengan tiga kabupaten lainnya di Jawa Tengah, yaitu Boyolali, Karanganyar dan Sukoharjo. 

Rinciannya, di Solo ada 16 venue termasuk opening dan closing. Di Boyolali ada 1 venue, di Karanganyar 2 venue dan di Sukoharjo 1 venue.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita