Malaysia, Filipina, hingga Irak Semuanya Ikut Kecam Wasit Ahmed Al-Kaf yang 'Rampok' Kemenangan Timnas Indonesia - Bola net

 

Malaysia, Filipina, hingga Irak Semuanya Ikut Kecam Wasit Ahmed Al-Kaf yang 'Rampok' Kemenangan Timnas Indonesia - Bola

Bola.net - Tak cuma netizen Tanah Air yang geram dengan wasit Ahmed Al-Kaf. Beberapa warganet dari negara lain pun ikut kesal dengan kepemimpinan Al-Kaf dalam laga Bahrain vs Timnas Indonesia, Kamis (10/10/2024).

Timnas Indonesia melawat ke markas Bahrain dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim Garuda sempat tertinggal akibat gol free kick indah Mohamed Marhoon.

Beruntung, Timnas Indonesia mampu menyamakan kedudukan di akhir babak pertama lewat tembakan Ragnar Oratmangoen. Menariknya, gol ini lahir dari satu-satunya tembakan yang dilakukan Skuad Garuda di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia bermain lebih impresif dan sukses berbalik memimpin lewat gol indah Rafael Struick. Sayang, kemenangan di depan mata buyar usai Marhoon kembali membobol gawang Maarten Paes di penghujung laga.

1 dari 5 halaman

Kontroversi Ahmed Al-Kaf

Wasit asal Oman, Ahmed Al-Kaf (c) Dok. AFC

Wasit asal Oman, Ahmed Al-Kaf (c) Dok. AFC

Sejak awal laga, netizen di media sosial sudah mengeluhkan kepemimpinan wasit Ahmed Al-Kaf. Wasit asal Oman itu dinilai memberikan banyak pelanggaran yang 'soft' bagi Bahrain.

Puncaknya terjadi di masa injury time babak kedua. Ofisial keempat memberikan masa injury time selama enam menit. Namun, Al-Kaf memilih tetap melanjutkan laga hingga menit ke-99.

Sebenarnya, pemberian waktu injury time lebih dari yang seharusnya memang boleh dilakukan wasit. Namun, harus ada syarat seperti pergantian pemain, ada pemain cedera, dsb.

Nyatanya, dalam enam menit masa injury time nyaris tak ada sama sekali kejadian yang mengharuskan Al-Kaf memperpanjang masa injury time, bahkan hingga tiga menit lebih.

Netizen dari sejumlah negara lain, mulai dari pundit Malaysia, pemain Filipina, hingga poscaster Irak ikut mengecam Ahmed Al-Kaf. Berikut cuitan mereka selengkapnya.

2 dari 5 halaman

Sportcaster Malaysia, Aiman Roshizam

"Welp, Ahmed Al-Kaf seperti biasa berulah. Indonesia dirampok dan dijarah, cuma itu yang bisa saya katakan dari laga ini,"

3 dari 5 halaman

Pemain Filipina eks Persib, Daisuke Sato

"Serius, Indonesia dirampok oleh wasit. Memalukan,"

4 dari 5 halaman

Podcaster Irak, Hassanane Balal

"Untuk saudara Indonesiaku, saya cuma ingin katakan bahwa sayagnya kami bangsa Irak memahami sepenuhnya sakit hati kalian. Percayalah, kita tahu bahwa perwasitan di sepak bola Asia bisa dipertanyakan di waktu terbaiknya. Tanyalah pada Aymen Hussein dan Rebin Sulaka,"

5 dari 5 halaman

Akun 433

Sumber: X

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita