Kisah Nenek Meninggal Sebelum Maarten Paes Debut di Timnas Indonesia - Cnnindonesia

 

Kisah Nenek Meninggal Sebelum Maarten Paes Debut di Timnas Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Maarten Paes menceritakan kisah menggetarkan soal sang nenek yang tutup usia sebelum kiper FC Dallas itu resmi debut bersama Timnas Indonesia.

Dalam wawancara eksklusif kepada FIFA, Paes tak segan menceritakan asal usul keturunan Indonesia dari neneknya yang lahir di Kediri.

"Hubungan dengan Indonesia datang melalui nenek saya. Ia adalah orang yang sangat istimewa dalam hidup saya. Kakek-nenek adalah wali baptis saya," ujar Paes.

"Nenek saya selalu mengajarkan tentang budaya Indonesia. Saya sudah tahu sejak beberapa tahun lalu bahwa saya memenuhi syarat untuk bermain untuk Timnas Indonesia," ujar Paes menambahkan.

Sang nenek begitu antusias mendengar Paes dihubungi salah satu staf PSSI. Sayang, neneknya meninggal lebih cepat sebelum proses naturalisasi Paes rampung.

"Akhir tahun lalu, PSSI menghubung saya, saat kesehatan nenek saya menurun drastis. Itu adalah salah satu kenangan terakhir kami bersama. Kabar tentang saya akan bermain untuk Indonesia mampu membuatnya tersenyum untuk kali terakhir."

"Saya melihat betapa istimewanya kabar tersebut ketika saya memberitahunya. Pada akhirnya, itu keputusan yang mudah. Namun, dia meninggal awal tahun ini sehingga tak bisa melihat debut saya," Paes menuturkan.

Setelah melakukan proses yang panjang, Paes resmi jadi Warga Negara Indonesia sejak April 2024 lalu. Namun, ia baru bisa membela Timnas Indonesia pada awal September setelah proses kepindahan asosiasi dari KNVB ke PSSI rampung.

Paes menjalani debut impresif di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Sejumlah penyelamatan gemilang Paes membuat Indonesia berhasil membawa pulang satu poin usai bermain imbang 1-1 lawan Arab Saudi pada 5 September 2024.

Kiper FC Dallas itu kembali jadi sorotan lewat performa apik di laga kedua bersama Timnas Indonesia. Paes tampil luar biasa dan membuat Australia frustrasi di sepanjang laga. Duel Indonesia vs Australia berakhir imbang 0-0.

(jun/nva)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita