China Ancam Laporkan Timnas Indonesia ke AFC Karena Hal Ini, Skuad Garuda Bisa Disanksi Kalah WO di Kualifikasi Piala Dunia 2026 - TvOnenews

 

China Ancam Laporkan Timnas Indonesia ke AFC Karena Hal Ini, Skuad Garuda Bisa Disanksi Kalah WO di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong Pusing, China Ancam Laporkan Timnas Indonesia ke AFC dan Buat Skuad Garuda Bisa Disanksi Kalah WO di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Sumber :
  • tvOnenews.com/Julio Trisaputra

Jelang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026, skuad Timnas Indonesia mendapat isu tak sedap dari media rival terkait proses naturalisasi 2 penggawa Garuda.

Jumat, 4 Oktober 2024 - 06:42 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Jelang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Bahrain serta China, skuad Timnas Indonesia mendapat isu tak sedap dari media rival terkait proses naturalisasi 2 penggawa anyar Garuda.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada matchday ketiga dan keempat bulan Oktober ini.

Dilansir dari laman FIFA, skuad Garuda dijadwalkan bakal menghadapi Bahrain lebih dulu pada 10 Oktober 2024 di Bahrain National Stadium.

Kemudian lima hari berselang, anak asuh Shin Tae-yong tersebut akan menyambangi markas Timnas China di Qingdao Youth Football Stadium.

Jelang dua laga tandang berat tersebut, Timnas Indonesia mendapat tambahan amunisi berharga dengan kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Dua pemain yang baru saja menjalani sumpah menjadi Warga Negara Indonesia pada 30 September lalu itu, langsung dipanggil Shin Tae-yong ke skuad Timnas Indonesia.

Akan tetapi, salah satu media asal China, 163.com menyebut kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di Timnas Indonesia merupakan tindakan yang ilegal.

163.com menilai proses naturaliasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Selain itu, singkatnya durasi naturalisasi dan proses pengambilan sumpah WNI yang tidak dilakukan di Indonesia, dianggap sebagai pelanggaran.

"Mereka menyelesaikan proses naturalisasi dua pemain Belanda hanya dalam delapan hari, sesuatu yang tidak biasa," tulis 163.com.

Media China Sebut Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Tidak Sah
Media China Sebut Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Tidak Sah
Sumber :
  • Tangkapan Layar 163.com

"Menurut pemberitaan Sports Weekly, prosedur naturalisasi Hilgers dan Xiaolai Renders tidak mengikuti peraturan dan prosedur terkait hukum Indonesia,"

"Apalagi, upacara pengambilan sumpah mereka tidak dilakukan di Indonesia seperti yang dipersyaratkan, melainkan diselesaikan di Belanda. Hal ini tentu merupakan pelanggaran peraturan," tambahnya.

Lebih lanjut, 163.com menyebut jika federasi sepak bola China bisa melaporkan Timnas Indonesia ke AFC jika tetap memainkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang mereka anggap proses naturalisasinya tidak sah. 

Timnas Indonesia pun menurut laman tersebut bisa kalah WO dan membuat China raih kemenangan perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini.

"Jika kedua pemain baru naturalisasi tersebut turun lapangan melawan tim Tiongkok, Persatuan Sepak Bola Tiongkok dapat mengajukan banding ke AFC dengan alasan proses naturalisasi kedua pemain tim Indonesia tersebut tidak mencukupi,"

"Sesuai peraturan Konfederasi Sepak Bola Asia terkait, pertandingan ini akan dianggap sebagai kemenangan 3-0 untuk tim Tiongkok. Alhasil, timnas meraih kemenangan pertamanya di babak 18 besar," tutup laman tersebut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Mees Hilgers, serta Eliano Reijnders.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Mees Hilgers, serta Eliano Reijnders.
Sumber :
  • Kolase Tim tvOnenews

Meski media China menyebut proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tidak sah, namun Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dengan tegas menjelaskan bahwa kedua pemain di tas sudah resmi menjadi WNI dan proses perpindahan federasinya telah rampung.

"Hilgers dan Reijnders resmi pindah federasi," demikian keterangan dalam resmi PSSI pada Kamis (3/10/2024). 

Kehadiran Hilgers dan Reijnders diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia meraih poin pada bulan ini. 

Kendati begitu, Erick Thohir tidak mau menganggap remeh Bahrain dan China. 

"Meski demikian, jangan anggap ketika lawan Australia atau Jepang dan tim lain, timnas kita langsung diposisikan sebagai lawan yang seimbang. Peringkat FIFA menyatakan perbedaan itu," kata Erick Thohir.

"Karena kita underdog, maka target saya dengan hadirnya Mees dan Eliano, kita harus meraih poin saat pertandingan tandang di Bahrain dan Cina nanti," tambah mantan Presiden Inter Milan itu. (sub)

Komentar

Berita Terkait

Topik Terkait

Saksikan Juga

Jangan Lewatkan

Biasanya Suaranya Terdengar saat Main Game, Mahasiswa Unnes Tewas Gantung Diri di Kamar Kos, Tinggalkan Surat Wasiat yang Ditandatangani: Maafkan Aku Karena Telah Bunuh Diri
Kombespol Budi Hermanto, “Bapak Disabilitas” Nahkodai Ditreskrimsus Polda Jatim

Kombespol Budi Hermanto, “Bapak Disabilitas” Nahkodai Ditreskrimsus Polda Jatim

Kombes Pol. Budi Hermanto, lahir 10 November 1976, seorang perwira menengah Polri yang sejak 3 Oktober 2024 mengemban amanat sebagai Dir Reskrimsus Polda Jatim

Tahu Dia jadi Perbincangan Negatif Netizen, Betrand Peto Bicara 4 Mata dengan Sarwendah, lalu Bicara Jujur ke Ibu Angkatnya, Seujujurnya Dia itu...
Cerai dari Ruben Onsu, Sarwendah Mengaku Punya Kebiasaan Baru Ini, Katanya Setaiap Malam Dia...

Cerai dari Ruben Onsu, Sarwendah Mengaku Punya Kebiasaan Baru Ini, Katanya Setaiap Malam Dia...

Setelah resmi bercerai dengan Ruben Onsu, Sarwendah mengaku memiliki kebiasaan baru yang dia lakukan setiap malam bersama dengan anaknya. Katanya dia selalu...

Sulit Sekolah Saat Jadi Anak Petani, Janji Andra Soni untuk Sekolah Gratis di Banten

Sulit Sekolah Saat Jadi Anak Petani, Janji Andra Soni untuk Sekolah Gratis di Banten

  • News

  • 4/10/2024 - 09:55

Andra Soni, Cagub Banten 2024, lahir dari keluarga petani di Payakumbuh, 12 Agustus 1976. Menjalani kehidupan berat di masa kecilnya, karena pendapatannya hanya cukup memenuhi kebutuhan makan satu keluarga di hari itu saja.

Pemanggilan Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan Dipertanyakan, Dua Pemain Ini Buktikan Diri Layak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Pemanggilan Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan Dipertanyakan, Dua Pemain Ini Buktikan Diri Layak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Pemanggilan Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia memicu perdebatan di media sosial.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita