Superioritas Arab Saudi Tak Buat Timnas Indonesia Ciut - Kompas

 

Superioritas Arab Saudi Tak Buat Timnas Indonesia Ciut

KOMPAS.com - Bek timnas Indonesia Jay Idzes tidak gentar dengan superioritas Arab Saudi. Ia menegaskan dalam sepak bola semua bisa terjadi.

Termasuk saat Indonesia akan melawan tuan rumah Arab Saudi pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di King Abdullah Sports City, Jumat (6/9/2024) pukul 01.00 WIB.

Ia mengakui keunggulan Green Falcon, julukan Arab Saudi, yang diperkuat banyak pemain berkualitas. Sebut saja Saud Abdulhamid yang kini membela AS Roma.

Baca juga: Indonesia Kalahkan Argentina, dari Ilmu Padi hingga Faktor Pendukung

Selain itu, mayoritas pemain Arab Saudi adalah pemain-pemain yang berkompetisi di Saudi Pro League.

Namun, mereka bermain di level yang sama dengan nama besar dunia, seperti Cristiano Ronaldo, Neymar, Karim Benzema, N’Golo Kante, Roberto Firmino, Fabinho, dan Sadio Mane.

Belum lagi ada nama Roberto Mancini yang berpengalaman di dunia kepelatihan.

Baca juga: Fakta Arab Saudi Vs Indonesia, Kans Debut Maarten Paes

“Tentu saja, kami tahu Arab Saudi memiliki tim yang sangat baik, berkualitas, berpengalaman, dan memiliki pemain-pemain bagus dari klub yang sangat bagus," tutur Jay Idzes, dalam konferensi pers jelang laga, Rabu (4/9/2024).

Namun, perbedaan kualitas itu tidak membuat timnas Indonesia minder. Sebab, semua bisa terjadi dalam 90 menit waktu normal laga berlangsung.

Ia mengambil contoh keajaiban Arab Saudi pada Piala Dunia 2022 silam. Saleh Alshehri dkk berhasil comeback dari Argentina dengan skor 2-1 di babak penyisihan grup.

Hal itu sebuah pencapaian istimewa karena lawan pada akhirnya menjadi juara Piala Dunia 2022.

Untuk itu, ia yakin Indonesia juga bisa membuat keajaiban tersebut.

Baca juga: Arab Saudi Vs Indonesia: STY Tak Menyerah di Grup Neraka, Ungkap Target

"Namun, pada akhirnya ini adalah sepak bola, saya tahu dua tahun lalu Arab Saudi melawan Argentina dan kita semua tahu bagaimana mereka (Argentina) kalah," kata pemain Venezia FC itu.

"Dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi. Ini adalah kesempatan besar bagi kami. Kami berada di grup yang sulit," katanya.

Suasana latihan Timnas Indonesia pada Selasa (3/9/2024) jelang laga kontra Arab Saudi pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (5/9/2024).

Lihat Foto

Optimisme Jay Idzes untuk memetik hasil positif pun sangat tinggi.

Ia menegaskan timnas Indonesia datang tanpa tekanan dan dalam kepercayaan diri yang tinggi.

Hal itu karena tim sudah berhasil melampaui target untuk bisa lolos ke putaran ketiga ini.

Baca juga: Arab Saudi Vs Indonesia, Alasan STY Puji Pasukan Roberto Mancini

"Jadi, kami benar-benar bisa melakukan sesuatu yang lain. Kami benar-benar bisa menempatkan Indonesia karena pada akhirnya kami merasa tidak ada ruginya," ujar pemain kelahiran Mierlo, Belanda, itu.

"Tentu saja kami punya target. Semua orang di grup ini berjuang untuk tujuan yang sama. Jadi, ini adalah sepak bola, apa pun bisa terjadi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita