Profil Nurul Akmal, Atlet Angkat Besi Putri yang bakal Harumkan Indonesia di Olimpiade Paris 2024 - suara

 

Profil Nurul Akmal, Atlet Angkat Besi Putri yang bakal Harumkan Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Suara.com - Nama Nurul Akmal baru-baru ini menjadi sorotan. Perempuan kelahiran Aceh ini tengah membawa nama Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dalam kejuaraan angkat besi.

Nurul Akmal sendiri kerap menjadi atlet langganan yang masuk dalam sejumlah kompetisi di dunia mewakili Garuda Muda. Setelah mengantongi tiket realokasi dari zona kontinental Asia, Nurul Akmal dipastikan lolos untuk bertarung di Olimpiade Paris 2024.

Nurul Akmal berlatar belakang dari seorang anak petani padi. Kerap membantu orang tuanya mengangkat padi saat panen, justru dilihat oleh pencari bakat dan akhirnya membuat jalan baru bagi perempuan 31 tahun ini.

Bagaimana profil Nurul Akmal yang saat ini mewakili Indonesia di cabang angkat besi putri Olimpiade Paris 2024?.

Tempat Kelahiran

Nurul Akmal adalah warga asal Tanah Utara, Aceh Utara dan lahir pada 12 Februari 1993. Nurul pertama kali dibina oleh Dispora Aceh dengan pelatih Effendi Eria.

Bakat sebagai lifter terlihat sejak ia berada di kelas 10. Seringnya membantu bapaknya mengangkat padi, menjadi jalan tembus Nurul sebagai atlet.

Prestasi

Nurul Akmal telah mengantongi sejumlah medali. Bahkan sebelum melenggang ke Olimpiade Paris 2024, perempuan yang akrab disapa Amel ini sudah terlibat di Olimpiade Tokyo 2020. Sehingga ini kali keduanya Amel bertarung di kejuaraan Olimpiade.

Baca Juga: Breaking News! Rajiah Sallsabillah Gagal Sumbang Medali di Olimpiade 2024

Prestasi pertamanya yang diraih saat Amel ikut dalam Pesta Olahraga Solidaritas Islam 2017 yang dihelat di Baku, Azerbaijan. Dalam kompetisi +90 kilogram putri, Amel membawa pulang medali perak untuk Indonesia.

Nurul Akmal juga mengharumkan nama Indonesia di Piala Qatar Internasional ke-6 di Doha pada 2019. Ia membawa pulang medali perunggu dalam kompetisi +87 kilogram putri.

Pada 2021 saat PON Papua, Amel akhirnya meraih medali emas mewakili Provinsi Aceh. Dalam kejuaraan tersebut, ia bahkan membuat rekor baru di kelas angkat besi +87 kilogram, lewat total angkatan 258 kilogram, dengan rincian 116 kilogram di snatch dan 142 kilogram di clean and jerk.

Olimpiade Paris 2024, menjadi kenangannya untuk kembali berkompetisi secara sehat. Pernah mengarungi momen yang sama di Tokyo pada 2020 lalu, harapan besar dari Amel bisa membawa hasil terbaik untuk Indonesia.

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita