Mengenal Flag Football, Cabor Baru di Olimpiade Los Angeles 2028 - CNN Indonesia

 

Mengenal Flag Football, Cabor Baru di Olimpiade Los Angeles 2028

CNN Indonesia
Selasa, 13 Agu 2024 22:40 WIB
Olimpiade Los Angeles 2028 dipastikan akan menggelar beberapa cabang olahraga baru, termasuk flag football. Lantas, apa itu flag football?
Ilustrasi Olimpiade Los Angeles 2028. (REUTERS/Carlin Stiehl)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olimpiade Los Angeles 2028 dipastikan akan menggelar beberapa cabang olahraga baru, termasuk flag football. Lantas, apa itu flag football?

Flag football jadi salah satu cabor baru yang akan dipertandingkan pertama kali di Olimpiade 2028. Cabor ini adalah salah satu versi American Football.

"Saat kita merayakan keberhasilan Paris 2024 dan diserahkan ke LA 28, kami tak ragu mengumumkan flag football akan memeriahkan Olimpiade saat memulai debutnya dalam kurun waktu empat tahun mendatang," kata Pierre Trochet, presiden Federasi Internasional American Football di situs resmi Olimpiade.

Pilihan Redaksi

"Muda, cepat, kreatif, dan dimainkan oleh atlet-atlet luar biasa, termasuk duta flag football dunia Jalen Hurts, format ini sangat cocok untuk Olimpiade generasi baru," ujar Trochet menambahkan.

Flag football adalah versi lain dari sepak bola Amerika namun tidak memperbolehkan adanya kontak pemain. Karena tidak mengindahkan kontak, pemain juga tak mengenakan pelindung baik di kepala maupun badan.

Selain itu, para pemain mengenakan ikat pinggang dengan bendera di atasnya. Alih-alih menjegal lawan, para pemain bertahan akan mencoba meraih salah satu bendera mereka untuk menghentikan permainan.

Pertandingan akan dimainkan di lapangan sepanjang 50 yard dengan dua zona akhir 10 yard. Format pertandingan dimainkan lima lawan lima.

Flag football menekankan kepada kecepatan pemain untuk mencapai zona akhir dalam empat down. Lokasi pertandingan belum ditentukan.

Saat ini tim flag football putra dan putri AS menempati peringkat teratas dunia. Mereka adalah pemenang kejuaraan dunia edisi terakhir di cabor tersebut.

Pemain American Football yang dikenal memiliki tekel bagus, Patrick Mahomes, berencana tampil di flag football. Persiapan tim flag football AS bakal terus digenjot menuju LA28.

Meksiko adalah negara di luar AS yang cukup menguasai flag football putra dan putri. Diana Flores merupakan salah satu atlet flag football terbaik asal Meksiko hingga terpilih membintangi iklan NFL.

Negara lain yang menunjukkan peningkatan kemajuan di cabang flag football adalah Jerman, Jepang, dan Kanada. Namun, tim kuda hitam diperkirakan bakal terus bermunculan jelang Olimpiade LA 2028.

Selain flag football, ada empat cabor debut atau baru kembali dipertandingkan di LA 2028. Cabor tersebut adalah kriket, bisbol, squash, dan lacrosse.

(jun/rhr)

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita