Menang Lawan India, Nova Arianto Soroti Munculnya Sikap Sombong Pemain - Kompas

 

Menang Lawan India, Nova Arianto Soroti Munculnya Sikap Sombong Pemain

KOMPAS.com - Pelatih timnas U17 Indonesia Nova Arianto memberikan sorotan kepada sikap beberapa pemain yang dinilai di luar batas. Sikap ini mencederai kemenangan tim dalam laga uji coba internasional melawan India.

Timnas U17 Indonesia berhasil menang 3-1 atas India dalam laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (25/8/2024) malam.

Tiga gol Indonesia dicetak Evandra Florasta lewat titik putih menit ke-14, Fandi Ahmad pada menit ke-50, dan ditutup oleh Mierza Firjatullah pada menit ke-61.

Nova Arianto melihat muncul kepercayaan diri berlebihan di tengah-tengah pemain timnas U17 Indonesia yang menjurus ke arah negatif. Ia pun memberikan sikap tegas pada perilaku ini.

Baca juga: Hasil Timnas U17 Indonesia Vs India 3-1, Pemanasan Ideal Garuda Asia

"Ada beberapa pemain saya yang mulai tinggi hati. Saya tidak suka pemain saya mulai sombong dan itu akan menjadi awal dari kehancurannya mereka," katanya.

Seperti diketahui, komposisi pemain timnas U17 Indonesia pada pemusatan latihan mayoritas dihuni pemain-pemain yang membawa Garuda menempati posisi ketiga Piala AFF U16 2024 bulan Juli lalu.

Pelatih yang juga legenda timnas Indonesia tersebut melihat euforia keberhasilan tersebut masih membekas dan membuat pemain lupa diri.

Ia mengingatkan kepercayaan diri yang berlebih dengan takabur itu sangat beda tipis.

Karena itu, ia meminta pemainnya meninggalkan gelar yang diraih di Piala AFF U16 2024 dan membuka lembaran baru untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U17 2025 bulan Oktober mendatang.

Baca juga: Timnas U17 Indonesia Vs India, Sedikit Polesan dari Nova Arianto

Alasannya cukup jelas karena Zahaby Gholy dkk akan menghadapi level tantangan yang berbeda dari Piala AFF U16 2024.

Legenda pemain sepak bola dan Timnas Indonesia yang kini menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong serta dipercaya menjadi pelatih Timnas U16 Indonesia, Nova Arianto.

Lihat Foto

Di Kualifikasi Piala Asia U17 2025, Indonesia bergabung bersama Grup G yang dihuni juara Piala AFF U16 2024 Australia, Mariana Utara, dan tuan rumah kuwait.

Tim-tim itu mempunyai nama besar dalam kompetisi kelompok usia di level internasional.

"Saya merasa pemain mulai tinggi hati dan lupa diri," kata Nova Arianto.

"Harapannya itu tidak terjadi lagi dan pemain bisa introspeksi untuk kebaikan ke depan," katanya.

Baca juga: Alasan Timnas U17 Indonesia Pilih India untuk Lawan Uji Coba di Bali

Di sisi lain ia juga tidak mengesampingkan hasil laga uji coba. Menurut dia, pemain bermain dengan apik sehingga mampu mengalahkan India.

"Saya melihat kami banyak mendapatkan evaluasi dari tujuan diadakannya uji coba dengan India ini," ucap Nova.

"Saya ingin melihat sejauh mana kondisi fisik, taktikal, teknik, dan mental pemain," ujar pelatih berusia 44 tahun itu.

"Dengan pertandingan ini, kami semakin tahu perkembangan pemain dan bahan evaluasi saya sehingga tim ini menjadi lebih siap lagi di Kualifikasi Piala Asia U17 2025," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita