Cerita Rizki Sebelum Dapat Emas Olimpiade, Kena Usus Buntu hingga Hampir Meninggal - inilah

 

Cerita Rizki Sebelum Dapat Emas Olimpiade, Kena Usus Buntu hingga Hampir Meninggal

Rabu, 14 Agustus 2024 - 10:17 WIB

Yeni Rohaeni Durachim, Ibunda Rizki Juniansyah (Foto: Inilah.com/harris)

Berita Terkini, Eksklusif di WhatsApp Inilah.com

+ Gabung

Keberhasilan Rizki Juniansyah merebut medali emas Olimpiade 2024 Paris dari cabang olahraga angkat besi menjadi puncak pencapaian sang atlet.

Siapa sangka, sebelum tampil di Paris, lifter 21 tahun itu sempat menghadapi banyak cobaan berat, bahkan hampir merenggut nyawanya.

Hal ini pun diungkap sang ibunda, Yeni Rohaeni Durachim, sesampainya di Indonesia, pada Selasa (13/8/2024) malam."Penyakit usus buntu itu datang tiba-tiba. Alhamdulillah waktu itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Siloam. Alhamdulillah terselamatkan. Kata dokternya kalau ini enggak ketolong dua jam lagi katanya bisa meninggal," ujar sang ibunda saat ditemui di kedatangan VIP Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Advertisement

Yeni mengatakan, penyakit usus buntu itu menyerang Rizki sebelum ia tampil di Kejuaraan Dunia IWF 2023 di Riyadh. Ajang tersebut merupakan bagian dari kualifikasi menuju Olimpiade 2024.

Beruntung, Rizki langsung mendapat penanganan medis hingga naik meja operasi. Alhasil atlet pemecah rekor dunia ini pun pergi dengan bekas jahitan operasi usus buntu yang belum kering.

"Ya sebelum ke Riyadh, tiba-tiba terserang usus buntu. Tiba-tiba nyerang dia dua hari kemudian pecah semua. Saya kaget juga ya, kenapa gitu enggak ada angin enggak ada hujan tiba-tiba," beber Yeni.

Setelah melakukan pemulihan pasca-kepulangannya dari Riyadh, Rizki kembali mencari peruntungan mendapat tiket ke Paris lewat Piala Dunia IWF 2024 di Phuket, Thailand.

Tanpa diduga, atlet asal Serang, Banten ini mampu menggapai mimpi tersebut, usai mencatatkan total angkatan 365 kilogram. Perolehan itu berasal dari beban 164 kg di angkatan snatch dan 201 kg saat clean & jerk.

Rizki juga menyusul ketertinggalan angkatan 11 kg dari kompatriotnya Rahmat Erwin yang semula diprediksi lolos ke Olimpiade.

Berat beban 201 kg pada angkatan clean & jerk membuat Rizki sekaligus memecahkan rekor dunia.

Topik

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita