Atlet taekwondo Afganistan membuat sejarah dengan medali pertama Tim Paralimpiade Pengungsi - Sultra1News

  

Atlet taekwondo Afganistan membuat sejarah dengan medali pertama Tim Paralimpiade Pengungsi - Sultra1News

PARIS (AP) — Zakia Khudadadi membuat sejarah pada Kamis di Paralimpiade Paris dengan menjadi atlet pertama dari Tim Paralimpiade Pengungsi yang memenangkan medali.

Khudadadi meraih perunggu kategori 47kg putri setelah mengalahkan pemain Turki Ekinci Nurcihan. Ketika bel terakhir berbunyi di Grand Palais di pusat kota Paris, Khudadadi meledak dalam kegembiraan, sambil melemparkan helm dan corongnya ke udara.

“Itu adalah momen yang tidak nyata, jantung saya mulai berdetak lebih cepat ketika saya menyadari bahwa saya telah memenangkan perunggu,” kata Khudadadi, suaranya bergetar karena emosi. “Saya telah melalui banyak hal untuk sampai ke sini. Medali ini untuk seluruh perempuan Afghanistan dan semua pengungsi di dunia. Saya berharap suatu hari nanti akan ada perdamaian di negara saya.”

Khudadadi, yang lahir tanpa satu tangan, mulai berlatih taekwondo secara rahasia pada usia 11 tahun di gym tersembunyi di kampung halamannya di Herat, di Afghanistan barat.

Awalnya dilarang berkompetisi setelah kebangkitan Taliban pada tahun 2021, ia kemudian dipindahkan dari Afghanistan dan diizinkan berkompetisi di Olimpiade Tokyo untuk negaranya menyusul permohonan dari komunitas internasional.

Usai kompetisi, ia menetap di Paris dan kemudian ditawari kesempatan bertanding dengan tim pengungsi di Paralimpiade Paris 2024.

“Medali ini sangat berarti bagi saya, hari itu tidak akan pernah saya lupakan,” kata Khudadadi. “Saya menang karena dukungan besar yang saya dapatkan dari masyarakat.”

Suasana di Grand Palais begitu semarak sehingga penonton Prancis bersorak seolah dia adalah salah satu dari mereka. Sejak melarikan diri dari Afghanistan, Khudadadi telah berlatih di INSEP, institut olahraga nasional Perancis, di Paris bersama pelatihnya dari Perancis Haby Niare, mantan juara dunia taekwondo.

“Zaki luar biasa. Aku tak tahu harus berkata apa lagi,” kata Niare sambil berseri-seri bangga. “Proses pelatihannya sungguh menantang. Dia mengalami banyak cedera dan harus banyak belajar selama bertahun-tahun, namun dia tidak pernah kehilangan tujuan.”

Khudadadi menerima medalinya dari Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi dan Andrew Parsons, presiden Komite Paralimpiade Internasional.

“Bagi Tim Paralimpiade Pengungsi, ini sangat istimewa, sangat penting,” kata Parsons. “Zakia hanya menunjukkan kepada dunia betapa bagusnya dia. Ini merupakan perjalanan yang luar biasa, ini adalah sesuatu yang harus kita pelajari.” ___

Paralimpiade AP: https://apnews.com/hub/paralympic-games

Sumber

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita