Alasan Juri Olimpiade Kasih Nilai Nol untuk Raygun 'Si Joget Kanguru' - CNN Indonesia

 

Alasan Juri Olimpiade Kasih Nilai Nol untuk Raygun 'Si Joget Kanguru'

Senin, 12 Agu 2024 13:27 WIB

Joget Kanguru Raygun dapat nilai nol di Olimpiade Paris 2024. (REUTERS/Angelika Warmuth)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Juri cabang olahraga breakdance Olimpiade Paris 2024 menjelaskan alasan atlet Australia Raygun mendapat nilai nol saat pertandingan.

Raygun yang bernama lengkap Rachael Gunn, sempat jadi sorotan karena gagal mencetak satu poin dalam tiga performanya di pertandingan breakdance Olimpiade 2024 pada Jumat (9/8) waktu setempat.

Dalam penampilannya, Raygun mencoba melakukan gerakan berbeda yang terinspirasi dari Kanguru, hewan yang jadi ciri khas negeri Australia.

Namun gerakan-gerakan yang dilakukan Raygun tidak mampu menarik simpati dari para juri. Tak ada satu pun juri yang memberikannya nilai alias nol.

Raygun kemudian viral dan menjadi sasaran kritik dari kritikus dan netizen. Bukan hanya performa di Olimpiade 2024 tapi juga penampilannya di media sosial dan beberapa media arus utama.

Juri breakdance MGbility menjelaskan mengapa Raygun tidak mendapat satu suara pun lewat penampilannya yang tidak sempurna dan kontroversial.

"Saya pribadi sangat menyesal," kata MGbility dalam konferensi pers dikutip Daily Mail, Senin (12/8).

MGbility memahami Raygun mencoba membawakan sesuatu yang baru, orisinal, dan mewakili negara Australia. Namun, juri punya kriteria penilaian tersendiri.

"Kami mendukungnya tapi kami punya lima kriteria dalam sistem penjurian yang komparatif. Mungkin levelnya belum setinggi kontestan lainnya."

"Sekali lagi, kami menggunakan sistem penilaian komparatif. Pesaingnya memang lebih baik, tetapi bukan berarti dia tampil sangat buruk. Dia sudah melakukan yang terbaik," ujar juri tersebut.

Saat pertandingan, Raygun melakukan gerakan melompat seperti kanguru, menguap pada lawan, dan spinkler. Tapi rangkaian aksi Raygun belum mampu mencuri perhatian juri.

MGbility juga menegaskan Raygun lolos kualifikasi cabor breakdance Olimpiade secara resmi. Sayang, aksinya di Paris masih kalah dibanding pesaing lainnya.

Breakdance merupakan salah satu cabor baru yang dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024. Namun, cabor ini rencananya tidak dipertandingkan lagi di Olimpiade Los Angeles 2028.

(jun/nva)

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita