Vietnam Jadi Nggak Tenang Gara-gara Indonesia, Piala AFF 2024 Pakai VAR - Semua Halaman - Superball

 

Vietnam Jadi Nggak Tenang Gara-gara Indonesia, Piala AFF 2024 Pakai VAR - Semua Halaman - Superball

SUPERBALL.ID - Target Vietnam menjuarai Piala AFF tahun ini bisa kandas di tengah jalan karena ulah Indonesia menggunakan VAR di ASEAN Cup U-16 2024.

Piala AFF atau saat ini bernama ASEAN Cup 2024 dikabarkan bakal menggunakan teknologi Video Assistant Referre (VAR).

Hal itu diumumkan Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) pasca perhelatan ASEAN Cup U-16 2024 di Indonesia.

Di mana dalam turnamen sepak bola remaja itu, Indonesia selaku tuan rumah menerapkan VAR mulai babak semifinal dan final.

Merasa penggunaan VAR berhasil, AFF berniat untuk memakainya di ajang yang sama pada level tim senior, yakni ASEAN Cup 2024.

Turnamen yang mulai digelar pada 23 November hingga 21 Desember 2024, menggunakan sistem kandang-tandang sejak fase grup.

"Setelah berhasil diterapkan pada turnamen ASEAN Cup U-16 baru-baru ini, VAR akan kembali digunakan," bunyi pernyataan AFF.

"Mulai dari ASEAN Cup U-19 2024, Kejuaraan Antarklub Asia Tenggara 2024/25, dan kemudian Piala AFF 2024," imbuh mereka.

Mayor Jenderl Khiev Sameth selaku Presiden AFF pun meyakini penggunaan VAR akan membawa sepak bola Asia Tenggara ke level yang lebih tinggi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Sibuk di Putaran 3, Vietnam Bikin Turnamen Dadakan, Takut Ranking FIFA Turun?

Penerapan di ASEAN Cup U-16 2024 adalah sebagai bentuk uji coba, tak hanya pada perangkat tetapi juga kualitas wasit yang bertugas.

"AFF percaya bahwa VAR membentuk kembali sepak bola dan menjadi salah satu platform penting untuk membantu mengangkat turnamen ke tingkat lebih tinggi," ucap Khiev Sameth.

"Penerapan teknologi ini di ASEAN Cup U-16 2024 sejalan dengan upaya terencana dan berkelanjutan AFF untuk meningkatkan kualitas turnamen kami."

"Termasuk memberikan dukungan terbaik kepada wasit sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang akurat, konsisten dan tepat," imbuhnya.

Kabar ini mengejutkan publik Vietnam yang ketar-ketir melihat Piala AFF 2024 bakal menggunakan teknologi VAR.

Bukan tanpa alasan, gaya permainan kasar pemain Vietnam tentu akan mudah tersorot VAR, seperti di turnamen-turnamen sebelumnya.

Termasuk di Piala Asia 2023, Piala Asia U-23 2024 hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026, pemain Vietnam sudah akrab dengan kartu merah.

Hal ini sekaligus menjadi peringatan untuk beberapa pemain Vietnam tersebut, seperti Nguyen Tienh Linh dan Doan Van Hau.

Baca Juga: Dendam Kesumat ke Indonesia, Vietnam Incar Tim Indra Sjafri untuk Menuntut Balas

Atau juga Khuat Van Khang yang melakukan aksi brutal terhadap pemain Irak di Piala Asia 2023 hingga membuatnya diganjar kartu merah.

"Piala AFF mencapai titik bersejarah, menggunakan teknologi jutaan dolar (VAR) yang membantu mengurangi kerugian tim," tulis Soha.vn.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, teknologi jutaaan dolar ini (VAR) akan digunakan di Piala AFF 2024," imbuh mereka.

Menarik dinantikan informasi lebih lanjut perihal penggunaan VAR di Piala AFF atau ASEAN Cup 2024 mendatang.

Selain menjadi kali pertama, penggunaan VAR akan memunculkan banyak drama baru di ajang bergengsi sepak bola ASEAN itu.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek