Tiga Tim di Grup C Mata-matai Timnas Indonesia? Khawatir Garuda jadi Batu Sandungan, Begini Komentar Pemain Jepang hingga Legenda Australia - TVONENEWS

 

Tiga Tim di Grup C Mata-matai Timnas Indonesia? Khawatir Garuda jadi Batu Sandungan, Begini Komentar Pemain Jepang hingga Legenda Australia

tvOnenews.com - Berdasarkan hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong menempati Grup C.

Peta kekuatan dari masing-masing grup A, B, dan C sebenarnya dinilai cukup merata. Semuanya sulit termasuk grup C yang dihuni Timnas Indonesia. 

Dimana skuad Garuda akan bertarung dengan tim-tim yang terbilang kuat yakni JepangAustralia, dan Arab Saudi sebagai langganan Piala Dunia. 

Ketiga negara itu dianggap sebagai tim yang bakal mendominasi. Sedang sisanya barulah Bahrain, China, dan Indonesia. 

Meskipun begitu, Timnas Indonesia ini meskipun rankingnya paling bontot tapi dari segi kedalaman skuad jelas tidak bisa dianggap remeh. 

Apalagi dengan keberadaan pemain diaspora yang ada akan membuat tiga tim terkuat tadi pelan-pelan mulai memperhitungkan kekuatan Timnas Indonesia. 

Jelas dari sisi hitung-hitungan di atas kertas peluang Indonesia tidak lebih dari 40 persen karena bagaimanapun tim-tim seperti Jepang, Australia, dan Arab Saudi punya kualitas liga yang masuk dalam lima besar di Asia. 

Loading video

Jadi akan sangat naif apabila mengatakan Indonesia benar-benar punya peluang lebih dari 40 persen untuk lolos langsung ke Piala Dunia. 

Meskipun peluang Indonesia tidak lebih dari 40 persen akan tetapi bukan berarti Timnas Indonesia ini bisa dipandang sebelah mata. 

Bahkan tiga tim unggulan di grup ini benar-benar menganggap Timnas Indonesia sebagai lawan yang bisa memberikan batu sandungan karena sekarang banyak diisi oleh pemain-pemain dari Eropa.

Artinya secara game plan Indonesia benar-benar mengerikan, apalagi tim seperti Jepang dan Australia sebelumnya juga pernah melawan Indonesia di Piala Asia. 

Meskipun ketika itu Indonesia kalah, tapi dari sisi permainan dan organisasi Timnas Indonesia mampu memberikan perlawanan. Apalagi dengan masuknya pemain keturunan baru yang tengah diupayakan PSSI. 

Pemain Jepang dan Legenda Australia bicara soal Timnas Indonesia

Apabila kita tarik ke belakang Ayase Ueda striker Timnas Jepang pernah berkata kalau tim Indonesia akan benar jadi tim yang menjanjikan dalam beberapa waktu ke depan. 

“Indonesia sudah berada di jalan yang benar, ranking 146 FIFA tapi tidak menampilkan permainan negatif football melawan kami. Pelatih Indonesia layak diapresiasi,” kata Ueda.

Lalu ada legenda Timnas Australia Tim Cahill yang memuji cara pelatih Shin Tae-yong terutama soal program potong generasi yang dilakukannya.

“Mereka harus bangga karena perkembangan sepak bola di Indonesia terutama dengan performa yang ditampilkan di Piala Asia U-23,” ungkap Tim Cahill dikutip dari kanal Youtube Harimau Malaya.  

Dengan skuad yang ada maka sudah seharusnya tidak boleh ada satu tim pun yang menganggap Timnas Indonesia sebagai tim lemah lagi, termasuk Bahrain dan China. 

Dari sisi peluang sekali lagi realistisnya hanya 40 persen untuk Timnas Indonesia lolos langsung karena kemungkinan pertarungan di peringkat 1 sampai 3 akan diperebutkan oleh Jepang, Australia, dan Arab Saudi yang jauh lebih berpengalaman. 

Nah melihat itu semua lantas peluang Timnas Indonesia secara realistis adalah mengunci posisi empat untuk kemudian bertarung habis-habisan di putaran keempat. 

kalaupun mau berharap lebih tentu saja setiap laga kandang harus bisa dimaksimalkan lalu juga tak terbantai di laga tandang.

Tapi hal itu tentu tidak mudah dan butuh daya juang lebih bagi Timnas Indonesia untuk bertarung. Apalagi ini juga pengalaman perdana bermain di putaran ketiga. 

Biasanya dalam kondisi seperti ini pelatih akan menginstruksikan pemain untuk menikmati jalannya pertandingan. 

Dengan begitu pemain diharapkan bisa bermain lebih lepas tanpa beban. Bukan tidak mungkin Timnas Indonesia memberi kejutan di putaran ketiga ini.

(amr)

Follow tvOnenews.com di sini Google News.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek