Suara Hati Mantan Pelatih Malaysia Lihat Fenomena Timnas Indonesia yang Ramai Diperbincangkan Dunia, Tak Disangka Justru Bilang Level Tim Garuda itu. - TvOnenews

 

Suara Hati Mantan Pelatih Malaysia Lihat Fenomena Timnas Indonesia yang Ramai Diperbincangkan Dunia, Tak Disangka Justru Bilang Level Tim Garuda itu.

tvOnenews.com - Begini suara hati pelatih Malaysia melihat fenomena Timnas Indonesia yang tengah menjadi pebincangan dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita bisa melihat perkembangan luar biasa yang ditunjukkan oleh Timnas Indonesia.

Perkembangan pesat tim Garuda bisa dilihat dari beberapa prestasi yang telah mereka raih selama ini.

Salah satu contoh paling jelasnya adalah Timnas Indonesia mampu lolos ke fase gugur untuk pertama kalinya sejak berpartisipasi di Piala Asia 2023 Qatar.

Tak hanya itu, skuad Garuda juga berhasil masuk ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya.

Raihan ini tentunya tidak bisa lepas dari peran Shin Tae-yong yang mampu memberikan 'perubahan nyata' sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Salah satu cara Shin Tae-yong memperbaiki sepak bola Indonesia adalah dengan mendatangkan pemain keturunan, yang jelas memberikan pengaruh positif saat ini.

Perkembangan luar biasa Timnas Indonesia ini lantas menjadi sorotan dunia, termasuk Malaysia.

Mantan Pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee, menyebut bahwa Timnas Indonesia saat ini sudah berada di level yang berbeda dengan Malaysia.

Menurutnya, Timnas Indonesia memiliki banyak pemain muda yang pastinya bakal menguntungkan mereka di jenjang senior nantinya.

"Pasukan Timnas Indonesia tidak dinafikan baik pasukan senior mahupun pasukan bawah 23. Mereka menunjukkan satu tahap yang berlainan terutamanya pasukan kebangsaan ataupun Timnas Indonesia bermain dengan banyak pemain-pemain yang muda. Jadi ini akan memberi jangka masa panjang untuk Timnas Indonesia senior, berada dalam satu level yang lebih tinggi," kata Ong Kim Swee.

Saat ditanya mengenai kondisi Timnas Malaysia sekarang, mantan pelatih itu mengaku jika keadaan mereka tidak begitu baik jika dibandingkan dengan Timnas Indonesia. 

"tidak berapa bagus," ungkapnya.

Jika dibandingkan, Ong Kim Swee mengungkap jika Timnas Malaysia memiliki isu-usi yang menghambat perkembangan mereka.

Isu penghambat Timnas Malaysia yakni kurangnya dukungan klub-klub bola di sana terhadap Tim Nasionalnya.

Hal ini sangat berbeda dengan klub-klub di Indonesia yang menyokong sepenuhnya Timnas Indonesia.

"Dan kita tahu pasukan kebangsaan Malaysia tidak begitu konsisten seperti mana pasukan Indonesia. Dan apa yang saya dapat lihat perbedaan di mana setiap klub di Indonesia menyokong sepenuhnya Timnas Indonesia, sedangkan di Malaysia kita mempunyai beberapa isu di mana persiapan juru latih mungkin agak pendek," pungkasnya.

(tsy)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek