Setelah Sekian Lama, Shin Tae-yong Akhirnya Ungkap Alasan Boyong Asnawi Mangkualam untuk Main di Liga Korea: Karena Dia. - TvOnenews

 Setelah Sekian Lama, Shin Tae-yong Akhirnya Ungkap Alasan Boyong Asnawi Mangkualam untuk Main di Liga Korea: Karena Dia.

tvOnenews.com- Shin Tae-yong akhirnya membeberkan alasan kenapa dirinya memberi jalan kepada kaptenTimnas IndonesiaAsnawi Mangkualamuntuk bermain diKoreaSelatan.

Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam sebelumnya pernah menempuh karier selama tiga musim diLiga KoreaSelatan bersama dua klub yang berbeda.

Asnawi Mangkualam pernah bermain di klub Liga Korea Selatan yakniAnsan Greenersselama dua musim, sedangkan di Jeonnam Dragons hanya semusim.

Barulah pada musim lalu, Asnawi Mangkualam memutuskan untuk pergi dari K-League dan pindah ke kompetisi bergengsi lainnya yakniLiga Thailandbersama Port FC.

Seperti diketahui, tidak banyak pemain lokal Timnas Indonesia yang memilih untuk melanjutkan karier profesionalnya di luar negeri.

Padahal, potensi dari pemain lokal Timnas Indonesia masih bisa berkembang, apalagi mendapat metode pelatihan yang bagus dari klub luar negeri.

Salah satu talenta lokal yang memberanikan diri untuk merantau ke luar negeri ialah kapten Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong yaitu Asnawi Mangkualam.

Asnawi Mangkualam terbilang sebagai pemain kesayangan Shin Tae-yong lantaran selalu dipanggil ke Timnas Indonesia di segala kelompok umur, mulai U19, U23, hingga senior.

Ketika itu, Asnawi Mangkualam tampil solid di sayap kanan PSM Makassar dalam empat musim terakhir, bahkan telah mengemas 60 caps dan dua gol serta lima assist.

Melihat potensi tersebut, banyak pihak mengatakan kalau Asnawi Mangkualam layak untuk melanjutkan karier sepak bolanya di luar negeri.

Salah satu orang yang memberi pandangan terhadap masa depan Asnawi Mangkualam ialah pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan yakni Shin Tae-yong.

Dalam sebuah siniar di kanal YouTube beberapa waktu silam, Shin Tae-yong akhirnya mengungkapkan alasan membawa Asnawi Mangkualam ke Liga Korea.

“Karena dia adalah pemain yang gaya bermain bolanya sangat cocok dengan gaya Korea,” kata Shin Tae-yong di YouTube Myeongjangdeul.

“Saya memang berpikir dia cukup lumayan untuk dikirim ke Korea,” imbuhnya.

Keinginan Shin Tae-yong itu pada akhirnya disambut baik oleh klub kasta kedua Liga Korea yakni Ansan Greeners yang cukup tertarik menggunakan jasa Asnawi Mangkualam.

Saat itu, Shin Tae-yong bahkan memberi jaminan kalau Asnawi Mangkualam bakal bermain bagus jika diberi kesempatan gabung ke Ansan Greeners.

“Ansan Greeners menghubungi saya. Mereka menelepon bertanya, 'Kami mendapat CV Asnawi, bagaimana menurutmu?'. Saya bilang, 'Oh ya? Terimalah. Saya yang jamin',” tegasnya.

“Kalau kalian melatih dia dengan baik, dia akan bisa (membantu tim),” jelas STY.

Asnawi Mangkualam dan Shin Tae-yong (Source: Instagram)

Hingga akhirnya, Asnawi Mangkualam mendarat di Korea Selatan dan bergabung dengan Ansan Greeners selama dua musim sejak 2021 sampai 2023.

Asnawi Mangkualam juga mengunci tempat utama di sayap kanan Ansan Greeners dengan mencatatkan 42 kali penampilan serta dua gol dan tiga assist.

Kapten Timnas Indonesia itu kemudian pindah ke klub Liga Korea lainnya yakni Jeonnam Dragons selama semusim dengan koleksi 27 pertandingan serta dua assist.

Usai berkarier di Liga Korea selama tiga musim, Asnawi Mangkualam akhirnya mencoba peruntungan bersama klub papan atas Liga Thailand yakni Port FC.

Kini, Asnawi Mangkualam menjalani musim keduanya bersama Port FC dan sejauh ini dia telah bermain sebanyak 12 pertandingan dengan sumbangan dua assist. (han)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek