Peran Penting LeBron James di Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 - Kompaa

 

Peran Penting LeBron James di Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024

KOMPAS.com -  LeBron James dipastikan akan menjadi pembawa bendera untuk tim Amerika Serikat (AS) dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Keputusan LeBron sebagai pembawa bendera berdasarkan pemungutan suara dari sesama atlet Olimpiade tim AS di Paris.

“Kami sangat senang mengumumkan LeBron James sebagai salah satu dari dua pembawa bendera yang akan memimpin Tim AS dalam Upacara Pembukaan, dan secara resmi membuka Olimpiade Paris 2024,” kata CEO USOPC (Komite Olimpiade dan Paralympic Amerika Serikat), Sarah Hirshland. 

“Dipilih oleh rekan-rekan setim Anda untuk membawa bendera adalah sebuah kehormatan yang luar biasa - dan merupakan bukti dari semangat LeBron untuk tim USA dan dedikasinya terhadap olahraga," ucap Sarah menambahkan, dikutip dari situs USAB, Senin (22/7/2024).

"Kami akan menyaksikan dengan penuh kebanggaan saat para pembawa bendera memimpin para atlet kami yang akan memulai perjalanan yang luar biasa bersama-sama," jelasnya.

Baca juga: Koneksi LeBron James-Steph Curry Kian Solid Tatap Olimpiade Paris 2024

Mega bintang basket Los Angeles Lakers itu mengungkapkan kehormatan yang diterimanya sebagai suatu tanggung jawab.

“Merupakan suatu kehormatan luar biasa untuk mewakili Amerika Serikat di panggung global ini, terutama pada momen yang dapat menyatukan seluruh dunia,” kata James.

“Bagi seorang anak dari Akron, tanggung jawab ini sangat berarti, tidak hanya bagi diri saya sendiri, tetapi juga bagi keluarga saya, semua anak di kampung halaman saya, rekan satu tim saya, sesama atlet Olimpiade, dan begitu banyak orang di seluruh negeri yang memiliki cita-cita yang tinggi," ucap atlet berusia 39 tahun itu. 

"Olahraga memiliki kekuatan untuk menyatukan kita semua, dan saya bangga menjadi bagian dari momen penting ini," terang atlet berjuluk "King" James.

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada Jumat (26/7/2024), di Sungai Seine.

LeBron akan memainkan Olimpiade untuk keempat kalinya setelah edisi, 2004, 2008, dan 2012.

Baca juga: Kata LeBron James Usai Sang Anak Bronny Debut di Lakers Cetak 4 Poin

Dari tiga keikutsertaan dirinya, ia berhasil menorehkan dua medali emas dan satu perunggu.

James menjadi atlet laki-laki pertama dan anggota ketiga dari USA Basketball yang mendapatkan kehormatan sebagai pembawa bendera tim Amerikas Serikat.

Sebelumnya, USA Basketball sudah pernah diwakili dengan juara Olimpiade lima kali, Sue Bird (2020).

Lalu ada peraih medali emas Olimpiade lima kali sekaligus pemain dan pelatih Dawn Staley (2004). Staley satu-satunya pemain basket yang mendapatkan sebutan ini.

Amerika Serikat berada di Grup C bersama Serbia, Sudan Selatan, dan Puerto Rico.

Atlet perempuan pembawa bendera Amerika Serikat dalam upacara pembukaan akan diumumkan Selasa (23/7/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita