Megahnya Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024: Tidak Digelar di Stadion, Dibuka Zinedine Zidane, Kontingen Indonesia Melintas Pakai Kapal - Bola com

 

Megahnya Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024: Tidak Digelar di Stadion, Dibuka Zinedine Zidane, Kontingen Indonesia Melintas Pakai Kapal - Bola

Ari Prayoga | 27 Juli 2024 04:12

Bola.net - Olimpiade Paris 2024 resmi dibuka. Upacara pembukaan alias opening ceremony digelar dengan cara tidak biasa pada Jumat (26/7/2024) malam waktu setempat atau Sabtu (27/7/2024) dini hari WIB.

Ya, opening ceremony Olimpiade 2024 kali ini tidak digelar di dalam sebuah stadion seperti lazimnya upacara pembukaan Olimpiade edisi sebelum-sebelumnya.

Paris 2024 mendobrak sejarah dengan menggelar opening ceremony di atas Sungai Seine. Legenda sepak bola Prancis, Zinedine Zidane membuka acara dengan mengambil obor api Olimpiade.

Lewat sebuah pertunjukan drama megah, Zidane memberikan obor api Olimpiade kepada tiga anak yang sempat diadang seekor buaya sebelum muncul dengan perahu di Sungai Seine.

1 dari 4 halaman

Defile Unik Opening Ceremony Olimpiade 2024

Defile Unik Opening Ceremony Olimpiade 2024

Defile kontingen di opening ceremony Olimpiade Paris 2024. (c) AP Photo/Ebrahim Noroozi

Setelah dilanjutkan dengan pidato dari Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, opening ceremony Olimpiade 2024 berlanjut ke defile kontingen.

Ada yang menarik dari sesi ini. Para atlet yang bertanding melintas dengan menggunakan kapal yang berjalan di atas Sungai Seine, dibuka dengan kontingen Yunani seperti di edisi sebelum-sebelumnya.

Sementara itu, untuk kontingen negara yang memiliki anggota kurang dari 200 orang, maka akan disatukan dalam satu kapal. Artinya, urutan defile kontingen tidak selalu berdasar abjad.

2 dari 4 halaman

Indonesia Satu Kapal dengan India dan Iran

Indonesia Satu Kapal dengan India dan Iran

Opening ceremony Olimpiade Paris 2024. (c) Pool Photo via AP Photo/Ludovic Marin

Kontingen Indonesia sendiri tampil dalam defile dengan menaiki kapal yang sama dengan India dan Iran. Defile kontingen Indonesia beranggotakan 14 orang.

Dari 14 orang anggota kontingen Indonesia dalam defile ini, empat di antaranya merupakan atlet. Mereka adalah Maryam March Maharani yang bertugas sebagai pembawa bendera utama Merah Putih, pembalap sepeda Bernard Benjamin van Aert serta dua atlet renang, Azzahra Permatahani dan Joe Aditya.

Opening ceremony Olimpiade 2024 kali ini juga dimeriahkan oleh sederet aksi luar biasa dari penghibur, mulai dari diva papan atas dunia Lady Gaga hingga band metal Prancis, Gojira.

Berikut beberapa video opening ceremony Olimpade 2024 selengkapnya.

3 dari 4 halaman

Defile Kontingen Indonesia

4 dari 4 halaman

Aksi Lady Gaga

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita