Kazakhstan Batal, Indonesia Jadi Pembuka Motogp Seri Asia - RRi

 

RRI.co.id - Kazakhstan Batal, Indonesia Jadi Pembuka Motogp Seri Asia

KBRN, Bengkulu: Penyelenggara MotoGP yaitu Federasi Balap Motor Internasional (FIM), IRTA, dan Dorna Sports mengumumkan GP Kazakhstan ditunda hingga tahun 2025. Sebelumnya GP Kazakhstan dijadwalkan akan digelar 20-22 September mendatang. 

Dikutip dari motogp.com (15/7/24) pembatalan GP Kazakhstan merupakan yang kedua kalinya. Hal itu karena sirkuit Sokol belum siap paska diterjang banjir.

GP Kazakhstan semula akan menggantikan GP India yang ditunda sampai tahun depan. Penundaan GP India sendiri karena permintaan pemerintah negara India sendiri, akibat cuaca buruk yang menimpa India.

GP Kazakhstan akan digantikan dengan GP Italia, tempatnya Sirkuit Emilia Rogmana. Seri ini akan digelar seminggu sebelum GP Indonesia.

Dengan demikian Indonesia akan menjadi seri pertama balapan motogp di Asia. Tepatnya akan berlangsung di sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat.

Pada awal musim 2024 ini, sebenarnya terdapat 7 negara asia yang menjadi tuan rumah, yakni India, Indonesia, Jepang, Kazakhstan, Thailand, Australia, dan Malaysia. Namun India dan Kazakhstan batal maka hanya akan ada lima negara asia yang menjadi penyelenggara.


Baca Juga

Komentar