Kala Duel Semifinal Euro 2024 Jadi Panggung 'Timnas Pusat' Negara ASEAN: Indonesia Bertemu Malaysia, Filipina Tantang Vietnam - TvOnenews

 

Kala Duel Semifinal Euro 2024 Jadi Panggung 'Timnas Pusat' Negara ASEAN: Indonesia Bertemu Malaysia, Filipina Tantang Vietnam

Jakarta, tvOnenews.com - Fakta menarik terjadi jelang pertandingan semifinal Euro 2024, di mana para peserta yang lolos seolah jadi representatif para tim kawasan ASEAN.

Seperti diketahui, sebanyak empat negara yakni Spanyol, PrancisBelanda, dan Inggris telah memastikan langkahnya ke semifinal Euro 2024.

Spanyol yang menyingkirkan tim tuan rumah Jerman di Stuttgart, bakal memainkan laga pembuka semifinal melawan Prancis yang menumbangkan Portugal melalui adu penalti di Hamburg.

Laga antara Spanyol dan Prancis yang akan digelar di Allianz Arena, Muenchen, pada Selasa (9/7) waktu setempat atau Rabu (10/7) pukul 02.00 WIB.

Keesokan harinya Kamis (11/7), semifinal Euro selanjutnya akan memainkan Belanda yang akan bertemu Inggris di Signal Iduna Park, Dortmund, pada pukul 02.00 WIB.

Skuad De Oranje lolos ke semifinal setelah mereka bangkit dari ketertinggalan dan menang 2-1 atas Turki di Berlin.

Untuk The Three Lions, tim asuhan Gareth Southgate itu lolos ke semifinal setelah menang adu penalti dari Swiss, setelah bermain imbang1-1 pada waktu normal di Dusseldorf.

Jelang pertandingan sengit babak semifinal Euro 2024 nanti, fakta menarik tersaji dari masing-masing tim peserta.

Di mana empat tim yang lolos ternyata punya kaitan erat serta jadi sumber pemain naturalisasi dari para negara ASEAN.

Mulai dari Belanda, negara berperingkat 7 FIFA ini sudah jelas merupakan 'Timnas Pusat' dari skuad Garuda.

Tercatat, sampai saat ini sudah ada 12 lebih pemain yang lahir di Belanda dan dinaturalisasi untuk perkuat Timnas Indonesia.

Teranyar, Timnas Indonesia berhasil mendapatkan bek kiri berdarah Aceh, Calvin Verdonk yang langsung jalani debut di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dalam sejarahnya, Indonesia memang punya kedekatan dengan Belanda lantaran Nusantara pernah jadi salah satu negara jajahan mereka.

Senasib dengan Indonesia, beberapa negara kawasan ASEAN juga pernah dijajah oleh negara Eropa yang kini lolos ke semifinal Euro 2024.

Seperti Malaysia yang pernah dijajah oleh Inggris sebelum akhirnya merdeka pada 1957.

Oleh sebab itu, tak heran jika Timnas Malaysia dalam beberapa tahun terakhir cukup sering menaturalisasi pemain-pemain dari Liga Inggris.

Teranyar, Timnas Malaysia dikabarkan bakal naturalisasi Josh Brownhill, salah satu gelandang berpengalaman di Liga Inggris yang kini memperkuat Burnley.

Berikutnya ada Filipina yang punya Timnas Pusat dari Spanyol lantaran sempat jadi negara jajahan negara Semenanjung Iberia tersebut hingga 1898.

Sama seperti dua negara sebelumnya, Filipina pun punya sejumlah pemain keturunan dari Spanyol yang memperkuat skuad The Azkals.

Salah satunya adalah Santiago Rublico, pemain 18 tahun ini merupakan wonderkid dari akademi Atletico Madrid dan sudah tampil sebanyak 8 pertandingan buat timnas senior Filipina.

Terakhir adalah Vietnam yang punya kaitan sejarah sangat erat dengan Prancis dan pernah jadi jajahan negara Kota Mode hingga tahun 1945.

Meski Vietnam jarang menggunakan pemain naturalisasi, namun sejauh ini ada cukup banyak bintang Prancis yang punya darah keturunan Vietnam.

Seperti Tristan Do, Sebastien da Silva serta Jason Pendant yang pernah jadi andalan Timnas Prancis U-16 dan rekan satu tim Eks Bintang Newcastle United, Allan Saint-Maximin. (sub)

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita