Hasil Belanda Vs Turkiye 2-1: Oranye Menang "Comeback", Jumpa Inggris di Semifinal - Kompas

 

Hasil Belanda Vs Turkiye 2-1: Oranye Menang "Comeback", Jumpa Inggris di Semifinal

KOMPAS.com - Belanda bangkit dari ketinggalan dan menang 2-1 atas Turkiye pada perempat final Euro 2024. Tim Oranye akan bersua Inggris pada babak semifinal. 

Skor 2-1 menjadi hasil akhir pertemuan Belanda vs Turkiye di Olympiastadion, Berlin, Sabtu (6/7/2024) atau Minggu (7/7/2024) dini hari WIB.

Hasil akhir laga perempat final Euro 2024 antara Belanda vs Turkiye ditentukan oleh gol bunuh diri Mert Muldur pada menit ke-76.

Belanda comeback atau bangkit usai sempat kemasukan terlebih dahulu oleh gol Samet Akaydin (35').

Skor lantas berubah menjadi 1-1 berkat gol tandukan Stefan De Vrij (70'), sebelum Muldur melakukan aksi "bunuh diri" dan memastikan kemenangan Oranye.

Baca juga: Saat Montella Tak Dikenali, Tunjukkan ID di Depan Muka Sekuriti Euro...

Belanda menyengat lebih dahulu. Laga belum genap semenit, Memphis Depay sudah memiliki menciptakan kans bikin gol.

Keunggulan gagal diperoleh De Oranje (Tim Oranye) karena tembakan Memphis masih melambung tinggi.

Akurasi menjadi problem Belanda pada paruh pertama. Total, anak asuh Ronald Koeman menciptakan empat tembakan sebelum masa rehat, tanpa ada satu pun yang mengarah ke target.

Di sisi lain, Turkiye, punya catatan yang lebih baik dari sang rival. Skuad besutan Vincenzo Montella itu menciptakan enam kans bikin gol, dengan satu di antaranya mengarah tepat sasaran.

Satu-satunya upaya on target Turkiye pada babak pertama berujung menjadi gol, yakni via tandukan sang bek tengah, Samet Akaydin pada menit ke-35.

Baca juga: Belanda ke Perempat Final Euro, Pemain Keturunan Indonesia Tuntaskan Dendam

Gol tercipta usai sepakan penjuru Hakan Calhanoglu dihalau oleh pemain belakang Belanda.

Bola lantas dikuasai Arda Gueler yang berada di sisi kanan penyerangan. Pemain Real Madrid itu lantas mengirim bola lambung dengan kaki kanannya ke mulut gawang Belanda.

Samet Akaydin yang berdiri di tiang jauh berhasil menanduk servis manis dari Arda Gueler.

Vincenzo Montella tampak begitu menikmati assist apik yang diberikan Gueler. Montella memeluk sang talenta belia berusia 19 tahun itu usai Turkiye memimpin 1-0.

Arda Gueler pun kembali tampil sebagai kreator, usai dua sepak pojoknya memicu dwigol Merih Demiral yang mengantar Turkiye menang 2-1 atas Austria pada 16 besar silam.

Belanda membuat perubahan pada awal babak kedua dengan memasukkan Wout Weghorst, menggantikan Steven Bergwijn.

Weghorst langsung memberikan dampak ketika sundulannya ke arah mulut gawang membukakan peluang bagi Memphis Depay (50').

Namun, gol balasan dari Belanda belum datang karena Memphis luput menyambar sontekan Weghorst.

Sekitar enam menit berselang, Arda Gueler nyaris mengantar Turkiye menggandakan keunggulan apabila sepakan bebasnya tak mengenai mistar kiri gawang Belanda.

Belanda merespons dengan sepakan menyusur tanah Memphis Depay yang bisa ditangkap dengan mudah oleh Mert Gunok.

Kans emas datang buat Turkiye pada menit ke-65 kala sepakan Kenan Yildiz dari luar kotak penalti memaksa Bart Verbruggen membuat aksi penyelamatan heroik.

Skor lantas berubah menjadi 1-1 pada menit ke-70 kala tandukan Stefan De Vrij yang bebas tanpa kawalan, menembus gawang Mert Gunok.

Hanya butuh enam menit bagi Belanda untuk membalikkan situasi. Cody Gakpo yang berupaya memotong bola silang dari Denzel Dumfries, memaksa Mert Muldur membuat gol bunuh diri (76').

Gol bunuh diri Muldur memastikan Belanda berbalik memimpin 2-1 atas Turkiye.

Turkiye nyaris saja membuat kedudukan sama kuat 2-2 andai Verbruggen tak membuat penyelamatan terhadap kans Semih Kilicsoy pada masa injury time.

Belanda selamat dari ancaman Turkiye dan utuh menjaga keunggulan 2-1 sampai akhir pertandingan.

Berkat kemenangan ini, Belanda berhak melaju ke semifinal Euro 2024 untuk berjumpa dengan Inggris di Stadion BVB, Dortmund, pada Rabu (10/7/2024).

Susunan Pemain Belanda vs Turkiye

Belanda (4-3-3): 1-Verbruggen; 22-Dumfries, 6-De Vrij, 4-Van Dijk, 5-Ake (15-Van De Ven 73'); 24-Schouten, 7-Simons (21-Zirkzee 87'), 14-Reijnders (16-Veerman 73'); 25-Bergwijn (9-Weghorst 46'), 10-Depay (12-Frimpong 87'), 11-Gakpo.

Pelatih: Ronald Koeman.

Turkiye (5-4-1): 1-Gunok; 18-Muldur (2-Celik 82'), 22-Ayhan (24-Kilicsoy 89'), 4-Akaydin (9-Tosun 82'), 14-Bardakci, 20-Kadioglu; 21-Yilmaz, 15-Ozcan (5-Yokuslu 77'), 10-Calhanoglu, 19-Yildiz (7-Akturkoglu 77'), 8-Gueler.

Pelatih: Vincenzo Montella.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita