Draft Jadwal Piala Presiden dan Liga 1 2024 Beredar, PSM Tunggu Kepastian Resmi - kompas

 

Draft Jadwal Piala Presiden dan Liga 1 2024 Beredar, PSM Tunggu Kepastian Resmi

KOMPAS.com - Draft jadwal turnamen pramusim dan Liga 1 2024-2025 telah beredar di kalangan pecinta sepak bola Indonesia. 

Rencananya, Piala Presiden 2024, turnamen pramusim yang sudah lima kali diselenggarakan, akan bergulir pada 20 Juli sampai 4 Agustus 2024.

Tentu ini menjadi kabar baik bagi klub kontestan Liga 1 sebagai ajang persiapan tim sebelum menjalani kompetisi yang akan dimulai pada Jumat  9 Agustus 2024.

Baca juga: Bali United dan PSM Harapkan Piala Presiden 2024 Digelar

Piala Presiden 2024 ini rencananya hanya diikuti delapan tim dan babak penyisihannya akan diselenggarakan di Bandung dan Bali.

Namun, kabar terbaru menyebutkan akan ada dua klub tambahan, salah satunya PSM Makassar.

Menanggapi hal tersebut, Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim, menyebut manajemen masih menunggu pengumuman resmi.

"Kami tunggu pengumuman resmi. Kalau diundang, kami berpartisipasi," ucap pria yang biasa disapa Sule itu. "Akan dimanfaatkan oleh tim untuk melihat skuad, evaluasi latihan," imbuhnya.

Jika tidak diundang untuk mengikuti Piala Presiden 2024, tim asuhan Bernardo Tavares itu sudah menyiapkan rencana lain, termasuk menggelar uji coba.

"Kalau tak diundang mungkin ada uji coba. Apalagi setiap musim ada semacam uji coba atau trial. Kita lihat nanti," katanya.

Pemain inti PSM Makassar foto bersama sebelum kick off laga pekan ke-32 Liga 1 2023-2024 melawan Madura United yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (21/4/2024) sore.

Lihat Foto

Sementara itu, terkait jadwal Liga 1 2024-2025 yang sudah diterima tim, ia mengatakan masih berupa draft.

PT Liga Indonesia Baru, selaku operator kompetisi akan merilis jadwal resminya dan mengirimkannya ke klub dua pekan sebelum kickoff bersamaan dengan workshop.

"Biasanya kan sebelum ada jadwal fix itu, draft dulu yang diterima klub. Jadwal resmi mungkin dua minggu sebelum kompetisi mulai," ujar Sulaiman Abdul Karim.

"Nanti kalau draft itu dikirim ke masing-masing klub, ditunggu respons klub bagaimana dengan draft itu apakah ada yang mau direvisi atau bagaimana. Kalau tidak ya langsung sudah jadi jadwal definitif," sambungnya.

Baca juga: Pelatih PSM Yakini Ronaldo Jadi Bintang Euro 2024, Monster Sepak Bola

Sebelumnya, PT LIB baru menentukan jadwal Liga 1 pekan pertama. PSM Makassar sendiri akan menghadapi Persis Solo di Stadion Batakan Balikpapan, Sabtu (10/8/2024) mendatang.

Sedangkan, laga pembuka Liga 1 2024-2025 akan mempertemukan Persib Bandung vs PSBS Biak di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Jumat (9/8/2024).

Persib berstatus juara Championship Series Liga 1 musim lalu, sedangkan PSBS Biak juara Liga 2 yang promosi ke Liga 1.

Kini PSM berharap jadwal Liga 1 2024-2025 mendatang bisa lebih longgar. Karena selain bermain di Liga 1, klub juga akan tampil di ASEAN Club Championship 2024-2025 bersama Borneo FC yang menjadi wakil dari Indonesia.

"Kan ini kompetisi Liga 1 yang disusun katanya sudah mengacu ke jadwal International. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang bentrok antara pertandingan klub di liga dengan kompetisi Asia," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita