Cerita Keluarga Filipina Nonton Piala AFF U-19 di Surabaya: Jauh-jauh demi Dukung Anak - bolacom

 Cerita Keluarga Filipina Nonton Piala AFF U-19 di Surabaya: Jauh-jauh demi Dukung Anak



2:47 Estimated 586 Words ID Language

Bola.com, Surabaya - Filipina U-19 berhasil bangkit dari hasil buruk Piala AFF U-19 2024. Setelah digasak 0-6 oleh Timnas Indonesia U-19, mereka berhasil menang 2-0 atas Timor Leste U-19 dalam matchday kedua Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7/2024) sore.

Ada pemandangan menarik dalam kemenangan Filipina U-19. Terdapat belasan orang di tribune 21 Stadion GBT yang bersorak saat dua kali Filipina U-19 mencetak gol. Mereka terlihat mengenakan jersey atau membawa bendera Filipina.

Setelah pertandingan, belasan orang itu menunggu di depan bus pemain Filipina yang akan meninggalkan stadion. Rupanya, mereka memang orang tua para pemain yang ingin memberi dukungan untuk putra-putranya.

Satu di antara sepasang suami istri itu adalah Jobi Lizares dan Gina Lizares. Gina menuturkan bahwa sempat melewatkan laga kontra Indonesia. Maklum saja duel itu dimainkan saat hari aktif kerja.

"Tapi saya menonton putra saya lewat TV. Dia bermain di pertandingan itu. Sayangnya kami kalah besar. Kami harus mengakui bahwa Timnas Indonesia U-19 memang bermain sangat bagus," ucap Gina Lizares kepada Bola.com.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Banyak yang ke Surabaya

Timnas Indonesia U-19 vs Filipina U-19: Piala AFF U-19 2024

Pemain Timnas Indonesia U-19, Welber Jardim (kanan) berebut bola dengan pemain Filipina U-19, John Koyama pada laga Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024). (Bola.com/Aditya Wany)

Gina bersama Jobi kemudian memutuskan untuk berangkat ke Surabaya. Kebetulan, pertandingan melawan Timor Leste digelar akhir pekan. Alhasil, banyak rombongan orang tua datang dari Filipina ke Surabaya.

"Ada yang dari Filipina, kebanyakan memang Manila, tapi ada juga dari kota lain. Lalu, ada juga dari Amerika Serikat dan Jerman, mungkin kerja di sana. Sebagai orang tua, kami tentu ingin memberi semangat untuk putra kami," tutur Gina.

Gina mengaku sudah beberapa kali ke Indonesia, yakni Jakarta dan Bali, karena urusan kerja. Baru kali ini dia ke Surabaya, sekalian berlibur bersama suaminya dan bertemu dengan putranya.

Kerja di Indonesia

Di tengah perbincangan itu. Bola.com kemudian mendekati orang tua pemain lain. Pria paruh baya itu secara mengejutkan menyapa menggunakan bahasa Indonesia, namanya Alex Santos.

"Saya orang Filipina, tapi saya sudah 10 tahun kerja di Indonesia. Makanya, saya lancar bahasa Indonesia," ucap Alex kepada Bola.com.

Alex juga datang bersama istrinya. Mereka adalah orang tua Caleb Santos, bek Filipina U-19. Seperti yang lain, Alex tentu datang langsung ke Stadion GBT demi menyaksikan putranya bermain untuk tim kebanggaan mereka.

Cerita Pertama di Indonesia

Timnas Indonesia U-19 vs Filipina U-19: Piala AFF U-19 2024

Pemain Timnas Indonesia U-19, Riski Afrisal (depan) menguasai bola dibayangi pemain Filipina U-19, Jian Caraig pada laga Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024). (Bola.com/Aditya Wany)

Alex kemudian bercerita bahwa dirinya pertama ke Indonesia pada 2003 bekerja di sebuah perusahaan di Balikpapan. Dari situ, dia beberapa kali berkesempatan untuk ke Jakarta atau Surabaya.

"Saya sampai 2013 di Indonesia, 10 tahun di sini. Tapi, saya sekarang bekerja di Qatar. Jadi kemarin dari Qatar ke Jakarta, baru ke Surabaya. Saya dapat cuti, pertandingan juga akhir pekan, makanya ke sini," ujar Alex.

Saat tiba di Surabaya, dia bertemu dengan orang tua pemain lain. Dari situ, dia membantu mereka untuk ke stadion. Rombongan ini pun menarik perhatian karena membentangkan bendera Filipina.

"Ya, kami tentu ingin mendukung anak-anak kami yang berjuang untuk negara. Pertandingan melawan Indonesia memang tidak bagus. Tapi, beruntung, kami menang melawan Timor Leste," tutur Alex.

Asa ke Semifinal

Filipina kini menjaga asa lolos ke semifinal karena mengoleksi tiga poin dari dua laga. Mereka akan menghadapi Kamboja dalam macthday terakhir Grup A di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita