Timnas Indonesia Melaju Jauh di Kualifikasi Piala Dunia, Malaysia Dobel Kena Sial - suara

 

Timnas Indonesia Melaju Jauh di Kualifikasi Piala Dunia, Malaysia Dobel Kena Sial

Suara.com - Timnas Indonesia melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Melalui dua gol yang dicetak dari tendangan Thom Haye (31') dan sundulan Rizky Ridho (55'), Timnas Indonesia finis di posisi kedua klasemen akhir Grup F kualifikasi ronde kedua dengan 10 poin, lolos ke putaran ketiga, sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Timnas Indonesia menemani pemuncak klasemen Irak dengan 15 poin yang sudah terlebih dulu memastikan lolos walaupun masih menyisakan satu laga.

Jumlah poin Timnas Indonesia sudah tak mampu dikejar Vietnam yang kini berada di posisi ketiga Grup F dengan 6 poin dengan apa pun hasil melawan tuan rumah Irak pada Rabu (12/6/2024) dini hari WIB, sudah tak berpengaruh pada nasib Vietnam di babak kualifikasi.

Baca Juga: Lolos Round 3 Kualifikasi, Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Masih Panjang Nan Terjal

Jika Timnas Indonesia berhasil melaju jauh sekaligus mencetak sejarah, nasib kontras dialami Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini.

Musuh bebuyutan Timnas Indonesia ini praktis baru saja mengalami kesialan ganda.

Malaysia memang berhasil mengalahkan Taiwan 3-1 pada laga terakhir mereka di Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Kuala Lumpur hari ini.

Akan tetapi, kans mereka untuk lolos ke putaran ketiga bisa dibilang sudah 99,9 persen tertutup.

Kemenangan itu membuat Malaysia menyamai poin Kirgistan yang berada di posisi kedua Grup D dengan 10 angka. Namun, Malaysia kalah jauh dalam hal selisih gol, yakni (0) berbanding +6 milik Kirgistan.

Baca Juga: Klasemen Grup F Pasca Kemenangan Timnas Indonesia Lawan Filipina, Garuda Cetak Sejarah

Malaysia baru akan lolos jika Kirgistan kalah selisih tujuh gol dari Oman pada tengah malam WIB ini, sesuatu yang boleh dibilang hampir mustahil.

Timnas Indonesia praktis jadi satu-satunya tim ASEAN yang berhasil melaju sampai ronde ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim-tim besar lain macam Vietnam dan Thailand sudah dipastikan kandas di putaran kedua, sementara Malaysia tinggal menunggu waktu saja.

Kesialan Malaysia lainnya menyusul kemenangan Timnas Indonesia hari ini adalah ranking FIFA mereka berhasil disalip sang musuh bebuyutan.

Seperti dilansir football-ranking, kemenangan atas Filipina membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 11,72 poin di ranking FIFA. Alhasil, perolehan angka skuad Garuda mencapai 1,108.72 poin.

Kondisi ini membuat Timnas Indonesia naik tiga peringkat dari posisi 136 ke 133 dunia. Sebanyak tiga negara yang disalip Timnas Indonesia adalah Malaysia yang harus turun ke peringkat 136, Rwanda (135) dan Kepulauan Faroe (134).

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek