Terjadi Ontran-ontran di Malaysia Suporter Tuntut Federasi Berubah, Respons FAM: Tergantung Kongres! - Semua Halaman - Superball

 

Terjadi Ontran-ontran di Malaysia Suporter Tuntut Federasi Berubah, Respons FAM: Tergantung Kongres! - Semua Halaman - Superball

SUPERBALL.ID - Dampak gagalnya Timnas Malaysia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, terjadi ontran-ontrak alias kegaduhan di tubuh federasi (FAM).

Timnas Malaysia boleh saja menang meyakinkan atas Taiwan di laga pamungkas Grup D, Selasa (11/6/2024), tapi hasil itu jauh dari target.

Pasalnya skuad Harimau Malaya harus menang dengan selisih 8 gol saat melawan Taiwan demi menjaga asa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Meski pada akhirnya impian publik Malaysia benar-benar pupus saat Kirgistan meraih hasil imbang untuk kedua kalinya melawan Oman.

Malaysia di bawah asuhan Kim Pan-gon berakhir di peringkat ketiga Grup D dengan raihan 10 poin, selisih satu angka dari Kirgistan di peringkat kedua.

Pasca rapat ke-11 Komite Eksekutif Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) Periode 2021-2025 di Wisma FAM, muncul tuntutan suporter untuk perubahan.

Suporter Timnas Malaysia menuntut perubahan pada tubuh FAM guna meraih prestasi yang lebih baik, tidak seperti saat ini.

Menanggapi tuntutan itu, Datuk Wira Yusoff Mahadi selaku Wakil Presiden FAM cukup santai dalam menanggapinya.

Baginya, suporter hanya bisa bersuara, sementara keputusan tetap berada di tangan FAM lewat kongres pemilu yang digelar tahun 2025 mendatang.

Baca Juga: Erick Thohir Ultimatum Timnas Indonesia Tidak Boleh Gagal ke Piala Dunia 2026

"Perubahan di FAM harus terjadi, kita tidak bisa menghindarinya dan perubahan akan segera terjadi," ucap Datuk Wira Yusoff Mahadi.

"Suporter hanya bisa bersuara tapi pada akhirnya Kongres Pemilu yang menentukan sikap berubah atau tidak," imbuhnya.

Selain menyinggung soal keputusan perubahan, rapat FAM tersebut juga menyimpulkan dua hal penting bagi Timnas Malaysia.

Pertama mengenai keputusan pemanggilan pemain keturunan diserahkan sepenuhnya kepada pelatih Timnas Malaysia saat ini, Kim Pan-gon.

Selain itu FAM juga mengumumkan terkait penyelenggaraan turnamen Pestabola Merdeka yang rencananya bakal memanggil beberapa tim besar Asia.

Performa Timnas Malaysia di tahun 2024 memang cukup menyedihkan, dimulai dari Piala Asia 2023.

Malaysia hanya mampu membawa pulang satu poin dari Qatar usai menyelesaikan 3 laga fase grup dengan rincian dua kekalahan dan sekali imbang.

Dua kekalahan dialami Malaysia saat dihancurkan Yordania 0-4 dan kalah tipis 0-1 dari Bahrain.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Euro 2024, Laga Pembuka Jerman Vs Skotlandia Pukul 02.00 WIB

Meski begitu, skuad besutan Kim Pan-gon sempat mengejutkan Korea Selatan hingga berhasil menahan imbang dengan skor 3-3.

Nasib kurang beruntung Malaysia berlanjut di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sempat mengalahkan Kirgistan lewat hujan gol di Stadion Buktit Jalil dengan skor 4-3, nasib Malaysia cukup tragis.

Menang tiga kali, imbang sekali dan kalah dua kali serta berhasil mengoleksi 10 poin, tapi gagal lolos ke putaran ketiga.

Poin yang sama dikoleksi Timnas Indonesia yang lolos ke putaran ketiga, namun tak cukup membawa Malaysia ikut.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek