Tak Hanya Lawan Korea Selatan, Shin Tae-yong Akan Buat Timnas Indonesia Lakukan Ini Pada Negaranya - TVONENEWS

 

Tak Hanya Lawan Korea Selatan, Shin Tae-yong Akan Buat Timnas Indonesia Lakukan Ini Pada Negaranya

Jakarta, tvOnenews.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memilih negaranya sendiri, Korea Selatan sebagai lawan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Pada drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, AFC akan membagi tim menjadi enam pot untuk selanjutnya diundi dalam tiga grup. 

Korea Selatan yang berada di pot 1 pun berpeluang besar untuk satu grup dengan Timnas Indonesia. 

Alih-alih memilih Iran atau Jepang yang pernah menjadi lawan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong justru ingin bertemu timnas negaranya sendiri. 

"Sebenarnya menurutku itu mudah karena saya yang paling mengenal Timnas Korea Selatan, semua anak asuhku berada di tim utama, jadi saya sangat mengenal pemain Korea," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman Wikitree, dikutip Minggu (16/6/2024). 

Shin Tae-yong mengakui tak hanya ingin bertemu dengan Korea Selatan sebagai lawan saja tapi juga sama-sama maju ke Piala Dunia 2026. 

Seperti diketahui, pada putaran ketiga ini 18 tim akan memperebutkan enam slot pertama dari 8,5 kuota Asia di Piala Dunia 2026. 

Enam slot tersebut pun diambil dari posisi pertama dan kedua masing-masing grup. 

"Yang saya inginkan adalah bisa maju bersama. Saya berharap Timnas Indonesia juga bisa berpartisipasi di Piala Dunia ini, tidak semudah yang saya kira, tapi saya akan berusaha keras," kata Shin Tae-yong. 

Tanpa harus bergantung pada tim lain di Grup F, Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga dengan mencatatkan tiga kali kemenangan, satu hasil imbang dan dua kali kalah. 

Lolosnya Timnas Indonesia ke putaran ketiga pun menjadi sejarah baru bagi Shin Tae-yong. 

Hal ini pun berimbas pada sambutan Shin Tae-yong pada kepulangannya ke Korea Selatan dimana sang pelatih disambut di Bandara Internasional Incheon. 

Ini menjadi kali pertama Shin Tae-yong pulang ke kampung halamannya usai menaklukan Korea Selatan U-23 di ajang Piala Asia U-23 April lalu. Saat itu, Garuda Muda menang dengan adu penalti dari Korea Selatan U-23. 

Shin Tae-yong pun akan cuti selama lebih dari satu bulan sebelum kembali mempersiapkan agenda padat Skuad Garuda di kuartal terakhir 2024 ini. (hfp)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek