Shin Tae-yong Memang sudah Pamit ke Erick Thohir untuk Korea usai Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia - TvOnenews

 

Shin Tae-yong Memang sudah Pamit ke Erick Thohir untuk Korea usai Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

tvOnenews.com - Setelah berhasil menuntaskan tugasnya di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memutuskan pulang ke Korea.

Sebagaimana diketahui Timnas Indonesia baru saja memastikan tiket mereka di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai mengalahkan Filipina, Selasa (11/6/2024).

Skuad asuhan Shin Tae-yong itu berhasil menumbangkan tim tamu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dengan skor meyakinkan 2-0. Gol dicetak oleh Thom Haye (32’) dan Rizky Ridho (56’).

Shin Tae-yong Memang sudah Pamit ke Erick Thohir untuk Korea usai Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Kemenangan itu sekaligus memastikan Timnas Indonesia mendapat tempat di Piala Asia 2027 Arab Saudi. 

Dengan begitu Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama yang sukses meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia dua edisi berturut-turut tanpa status tuan rumah.

Sebelumnya Shin Tae-yong juga meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, bahkan sampai membuat skuad Garuda tembus ke babak 16 besar sebagaimana yang ditargetkan PSSI. 

Setelah pertandingan melawan Filipina ini, Shin Tae-yong berpamitan ke para staf pelatih dan pemain Timnas Indonesia akan pergi dalam waktu lebih dari satu bulan.

“Coach Shin akan kembali (ke Korea Selatan) tanggal 15 Juni dan baru ke Indonesia lagi 20 Juli,” ungkap asisten pelatih Nova Arianto saat ditemui awak media di Stadion Manahan, Rabu (12/6/2024) malam. 

Loading video

Nova yang mendapat kepercayaan dari PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia U-16 itu pun juga pamit kepada Shin Tae-yong.

"Saya juga izin ke coach Shin karena harus kembali ke Solo,” kata Nova Arianto.

Nova akan fokus menangani Timnas Indonesia U-16 yang akan mengarungi Piala AFF U-16 2024 yang  digelar di Solo mulai 21 Juni hingga 4 Juli.

“Beliau (Shin Tae-yong) berpesan agar memberikan yang terbaik, sukses dan apa yang dipersiapkan selama ini berjalan sesuai rencana,” ujar legenda Persib Bandung itu. 

Di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini, Timnas Indonesia berhasil finish sebagai runner up dengan torehan 10 poin dari 3 kemenangan, 1 seri, dan 2 kekalahan.

Irak keluar juara grup finish dengan poin sempurna 18 tanpa seri maupun kekalahan sama sekali.

Sedangkan Vietnam bertengger di posisi ketiga dengan torehan 6 poin dari 2 kemenangan dan 4 kekalahan.

Filipina menempati posisi paling terakhir di Grup F dengan satu poin hasil dari satu kali seri dengan Timnas Indonesia pada 21 November 2023 lalu dan 5 kali kalah.

Shin Tae-yong Memang sudah Pamit ke Erick Thohir untuk Korea usai Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala DuniaBaru-baru ini muncul kabar bahwa Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) menaruh minat pada Shin Tae-yong untuk kembali menjadi pelatih kepala Timnas Korea Selatan.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa pihaknya akan melepas Shin Tae-yong jika yang bersangkutan ingin kembali ke negaranya. 

“Kalau pun dari Korea Selatan ingin Shin Tae-yong, saya tidak bisa melarang,” ujar Erick Thohir di Bali, Sabtu (22/6/2024). 

Meski demikian, dia memastikan PSSI sudah mengirimkan kontrak final kepada STY untuk ditandatangani dua pekan lalu. 

“Saya dengar beliau (STY) sedang dalam perawatan di rumah sakit, kami berikan waktu,” katanya. 

Sebelumnya, Erick Thohir dan STY sudah bersepakat memperpanjang kontrak hingga 2027 mendatang. 

Keputusan ini diambil setelah Shin Tae-yong memenuhi target yang diberikan PSSI.

Shin Tae-yong sukses membawa Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 Kemudian, pelatih berusia 52 tahun ini juga mampu membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. 

Lebih dari itu, Shin Tae-yong juga berhasil mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

(amr)

Follow tvOnenews.com di sini Google News.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek