Presiden Federasi Sepakbola Thailand Ragu Timnas Indonesia Tak Bisa Lampaui Negaranya, Anak Asuh Shin Tae-yong Beri Bukti ini… - TvOnenews

 

Presiden Federasi Sepakbola Thailand Ragu Timnas Indonesia Tak Bisa Lampaui Negaranya, Anak Asuh Shin Tae-yong Beri Bukti ini…

tvOnenews.com - Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Zona Asia usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-0.

Pertandingan timnas Indonesia vs Filipina berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam pukul 19.30 WIB.

Sejak awal, Timnas Indonesia berhasil menguasai bola untuk mengambil inisiatif serangan dengan mencoba menekan.

Thom Haye, Marselino Ferdinan, Calvin Verdonk, dan Ragnar nampak kompak membuat pertahanan Filipina kalang kabut.

Timnas Indonesia mendapat peluang pertama dari Thom Haye, Marselino menyambut dengan sundulan. Namun, sundulan Marselino masih bisa ditangkap oleh kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza.

Tim Garuda kembali mendapat peluang 10 menit kemudian.

Calvin Verdonk melakukan tendangan usai memanfaatkan kesalahan lawan, sayangnya tendangannya meleset dari gawang.

Kemudian pada menit ke-27 dan ke-28, tendangan Verdonk nyaris membobol gawang Filipina usai mendapat umpan dari Rafael Struick.

Akan tetapi, upaya Calvin masih bisa dihalau kaki Kevin Mendoza.

Gol kemenangan Timnas Indonesia ke gawang Filipina dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho pada menit ke-56.

Kini skuad Garuda lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Timnas Indonesia menjadi runner-up Grup F dengan skor 10 poin.

Keberhasilan Timnas Indonesia menjadi sejarah baru dalam dunia sepak bola. Hal ini menjadi prestasi yang membanggakan.

Padahal sebelumnya, Timnas Indonesia sempat dianggap tim yang remeh oleh Thailand.

Madam Pang menilai Timnas Indonesia tak bisa lampaui Timnas Thailand

Presiden Federasi Sepakbola Thailand (FAT), Nualphan Lamsam atau akrab disapa Madam Pang menilai Timnas Indonesia takkan bisa melampaui sepakbola negaranya.

Meski begitu, ia mengakui Timnas Indonesia berkembang pesat. Meski begitu, ia mengatakan setiap tim di Asia Tenggara sudah sama-sama berkembang pesat, tak terkecuali Thailand.

Selain berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia juga mulai terlihat performanya di Asia Tenggara (ASEAN).

Hal tersebut terlihat saat skuad Garuda berhasil menembus babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya.

Kemudian, Timnas Indonesia U-23 yang baru pertama kali tampil di Piala Asia U-23 juga berhasil menempati posisi empat besar.

Sayangnya, anak asuh Shin Tae-yong ini harus menerima kegagalan di Olimpiade Paris 2024 usai menelan kekalahan 0-1 dari Guinea di babak playoff.

Melihat potensi Timnas Indonesia yang tidak main-main, Madam Pang punya jawaban sendiri saat ditanya siapa yang lebih baik antara Timnas Indonesia dengan Thailand.

Dengan tegas, Madam Pang merasa tak yakin jika Timnas Indonesia bisa melampaui Timnas Thailand.

"Saya tidak yakin (Timnas Indonesia melampaui Thailand). Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap Negara sekarang terutama di Asia dan juga Asia Tenggara, level sepak bola sangat dekat,” kata Madam Pang dikutip dari YouTube Harimau Malaya, Jumat (14/6/2024).

Kemudian ia mengatakan setiap negara di Asia Tenggara telah melakukan pengembangan dalam sepak bola.

Namun, ia menilai kompetensi sepakbola hanya berlangsung di dalam lapangan, di luar itu semua hubungan antar negara tetap penting.

"Sekarang setiap negara telah mengembangkan lebih banyak tentang sepak bola. Tetapi kompetisi tentu saja (hanya) dalam 90 menit di lapangan, setelah pertandingan persahabatan dan sportmanship antara masing-masing Negara sangat penting," pungkasnya.

Diketahui, saat ini Thailand menempati posisi pertama di ASEAN dengan peringkat 101 di FIFA. Vietnam berada di posisi 115, dan Indonesia ada di posisi 134 dunia usai mengalahkan Filipina.

(adk)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek