Pelaku Rasisme kepada Vinicius Junior Dihukum Penjara - Viva

 

Pelaku Rasisme kepada Vinicius Junior Dihukum Penjara

Selasa, 11 Juni 2024 - 13:26 WIB

Spanyol – Tiga pelaku rasisme kepada Vinicius Junior dijatuhi hukuman penjara. Ini adalah kali pertama LaLiga mengajukan tuntutan kepada para pelaku pelecehan rasisme dalam sepakbola Spanyol.

Pelecehan rasisme lewat nyanyian diterima Vinicius Junior saat membela Real Madrid melawan Valencia dalam pertandingan LaLiga di Mestalla Stadium, 21 Mei 2023. Ada tiga orang yang menjadi tersangka.

Ketiganya telah dinyatakan bersalah atas kejahatan terhadap integritas moral Art. 173.1 KUHP Spanyol dengan keadaan yang memberatkan diskriminasi berdasarkan motif rasis (Pasal 22.4 KUHP).

Hukuman awal kepada mereka adalah 12 bulan, tapi kemudian dikurangi sepertiganya sebagai hasil dari kesepakatan investigasi awal. Namun ada di mana mereka dibebani untuk membayar biaya pengadilan.

Real Madrid vs Valencia

Photo :
  • AP Photo/Hussein Malla

Hukuman lainnya untuk ketiga pelaku pelecehan rasisme kepada Vinicius Junior adalah larangan memasuki stadion selama dua tahun. Ini jadi catatan sejarah baru untuk membela pemain dari serangan rasisme.

"Keputusan ini merupakan berita bagus untuk memerangi rasisme di Spanyol, karena ini merupakan langkah untuk memperbaiki kesalahan memalukan yang diderita oleh Vinicius Jr. dan mengirimkan pesan yang jelas kepada individu-individu yang datang ke stadion sepakbola untuk melontarkan makian. LALIGA akan mengidentifikasi, melaporkannya, dan akan ada konsekuensi pidana,” ujar Presiden LaLiga, Javier Tebas

""Saya mengerti bahwa mungkin ada beberapa rasa frustrasi karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menjatuhkan hukuman ini, namun ini menunjukkan bahwa Spanyol adalah negara yang menjamin integritas peradilan," imbuhnya.

"Kami di LALIGA hanya bisa menghormati langkah keadilan, tetapi sekali lagi kami menuntut agar undang-undang Spanyol berevolusi untuk memberikan LALIGA kekuatan sanksi yang dapat mempercepat perang melawan rasisme."

Manajemen Valencia mendapat apresiasi karena membantu penyelidikan tindakan pelecehan rasisme ini. Mereka membantu mengidentifikasi para tertuduh dan segera mengeluarkan mereka sebagai anggota klub.

Turnamen Mini Soccer Liga Ceria 2024

Diikuti 6 Tim, Turnamen Mini Soccer Liga Ceria 2024 Sukses Digelar

Insan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) sukses menggelar pertandingan Mini Soccer Liga Ceria di POP Mini Soccer Jakarta, Kawasan Pulomas Office Park.

img_title

VIVA.co.id

13 Juni 2024

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek