Nova Arianto Disebut Jiplak Strategi Shin Tae-yong, Siapa Sangka Pelatih Timnas Indonesia U16 Itu. - TvOnenews

 

Nova Arianto Disebut Jiplak Strategi Shin Tae-yong, Siapa Sangka Pelatih Timnas Indonesia U16 Itu.

tvOnenews.com - Penampilan Timnas Indonesia U16 asuhan Nova Arianto mendapat sorotan usai berhasil kalahkan Singapura U16 dengan skor telak 3-0 dalam ajang Piala AFF U16 2024.

Nova Arianto yang juga merupakan tangan kanan Shin Tae-yong disebut-sebut menerapkan banyak strategi yang mirip dengan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Bahkan pada gol pertama Timnas Indonesia U16 ke gawang Singapura U16, sama-sama berasal dari situasi lemparan ke dalam yang banyak digunakan oleh Shin Tae-yong.

Terlepas dari kemiripan strategi Nova Arianto dengan Shin Tae-yong, keberhasilan Timnas Indonesia U16 ini patut diacungi jempol.

Setelah mengalahkan Singapura U16, kini Timnas Indonesia U16 berada di peringkat pertama, diikuti Laos U16 yang menempati peringkat kedua setelah mengalahkan Filipina U16.

Salah satu pengamat sepak bola sekaligus YouTuber, Tommy Desky, memberikan pandangannya soal kepemimpinan Nova Arianto sebagai pelatih Timnas Indonesia U16, melalui kanal YouTube pribadinya.

Nova Arianto sendiri selama ini memang dikenal sebagai tangan kanan Shin Tae-yong.

Sehingga tak heran jika ada hal-hal seperti ilmu ataupun strategi yang kemudian diserap oleh Nova Arianto.

Di antara kemiripan antara Nova Arianto dengan Shin Tae-yong menurut Tommy Desky adalah dari segi pemilihan pemain dan strategi Timnas Indonesia U16.

Cara pandang Nova Arianto sebagai pelatih pun juga tidak beda jauh dengan Shin Tae-yong.

"Tapi cara pemilihannya itu enggak begitu jauh, cara pandangnya ya, dengan apa yang kita lihat di bawah asuhan Shin Tae-yong," ujar Tommy Desky.

Walau begitu, Tommy Desky menegaskan bahwa dirinya tidak menganggap Nova Arianto sepenuhnya meniru Shin Tae-yong.

Sebab menurutnya, setiap pelatih pasti punya pandangannya masing-masing.

"Tapi aku enggak katakan seratus persen ataupun 99 persen Coach Nova meniru ataupun mengikuti pandangan Shin Tae-yong," kata Tommy Desky.

"Setiap pelatih itu mau dia pelatih A, B, C, D, E, pasti punya pandangan sendiri, mau dia lahir di mana pasti dia mempunyai filosofi-filosofi yang mungkin sedikit banyak berbeda dengan yang melahirkannya," lanjutnya.

(far)


Dapatkan berita menarik lainnya dari tvOnenews.com di Google News, Klik di Sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek