Media Vietnam Klaim Nova Arianto Kurang Puas dengan Pemain Timnas U-16 Indonesia: Dia Gelisah! - Semua Halaman - Superball

 

Media Vietnam Klaim Nova Arianto Kurang Puas dengan Pemain Timnas U-16 Indonesia: Dia Gelisah! - Semua Halaman - Superball

SUPERBALL.ID - Media Vietnam soroti kelemahan Timnas U-16 Indonesia jelang Piala AFF U-16 2024, sebut Nova Arianto tidak terlalu puas dengan pemain yang dimiliki.

Nova Arianto telah memilih 23 pemain Timnas U-16 Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF U-16 2024 atau ASEAN Cup U-16 2024.

Turnamen kelompok remaja ASEAN yang akan digelar di Solo mulai 21 Juni hingga 4 Juli 2024, di Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari.

Sepekan yang lalu Nova Arianto menyebut kekuatan Timnas U-16 Indonesia masih berada di angka 75 persen, dengan beberapa masalah yang ada.

Evaluasi dilakukan dari beberapa kali uji coba, khususnya secara mental di mana para pemain belum bisa mengatur mentalya masing-masing.

Hal inilah yang menjadi sorotan publik Vietnam lewat salah satu media lokalnya, menyebut Nova Arianto malah membocorkan kelemahan timnya.

"Evaluasi dari beberapa kali uji coba, sekitar tujuh kali uji coba yang sudah kita lakukan adalah pemain memang belum stabil," ucap Nova Arianto.

"Maksudnya di salah satu pertandingan mereka bisa bermain baik, dan di pertandingan lain kurang baik."

"Itu yang menjadi catatan kami tim pelatih. Dari tim psikologi juga, secara mental, pemain belum bisa mengatur mentalnya."

Baca Juga: Nova Arianto Umumkan Skuad Timnas U-16 Indonesia untuk ASEAN Cup U-16 2024, Anak Exco PSSI dan Anak Artis Dicoret

"Sehingga itu juga yang harus kita perbaiki. Lalu formasi apa yang nanti akan kita pakai dan mantapkan," imbuhnya.

Menurut salah satu media Vietnam, Soha.vn, Nova Arianto masih belum puas dengan komposisi pemain yang dimiliki saat ini.

Eks pemain Persib Bandung dinilai khawatir terhadap kemampuan pemain dalam bersaing memperebutkan gelar juara di ajang ini.

Apalagi status Timnas U-16 Indonesia sebagai juara bertahan, meski memiliki keuntungan sebagai tuan rumah, hal itu tidak akan banyak berpengaruh.

Secara khusus Soha.vn memprediksi bahwa Timnas U-16 Indonesia akan kesulitan ketika dihadapkan lawan seperti Vietnam dan Thailand.

"Mengakui kelemahan, Indonesia bakal kesulitan menghadapi Vietnam dan Thailand dalam perebutan gelar juara," tulis Soha.vn.

"Pelatih Timnas U-16 Indonesia mengungkapkan kekhawatiran terhadap kemampuan bersaing anak asuhnya dalam memperebutkan gelar juara kandang sendiri."

"Timnas U-16 Indonesia sudah melalui tujuh laga uji coba, namun asisten pelatih Shin Tae-yong masih belum terlalu puas dengan kualitas para pemain mudanya," imbuh mereka.

Baca Juga: Sepekan Jelang ASEAN Cup U-16, Eks Asisten Shin Tae-yong Ungkap Kondisi Timnas U-16 Indonesia, Sudah Siap?

Tak sampai di situ, status juara bertahan Piala AFF U-16 akan memberi banyak tekanan pada skuad Garuda Asia asuhan Nova Arianto.

Namun kelemahan psikologis yang dibocorkan Nova Arianto ke publik, dinilai Soha.vn akan membuat sulit sendiri Timnas U-16 Indonesia.

"Indonesia berhasil menjadi juara di Piala AFF U-16 2022, saat itu mereka dilatih Bima Sakti dan mampu mengalahkan Vietnam di partai final," tulis Soha.vn lagi.

"Tahun ini, dengan keuntungan sebagai tuan rumah, Indonesia tentu kembali mengincar gelar juara lagi."

"Namun performa yang tidak stabil serta keterbatasan psikologis bisa menjadi kendala tim tuan rumah bersaing dengan lawan kuat seperti Vietnam, Thailand atau Australia," imbuh mereka.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek