Masyarakat Indonesia Alergi Timnas Indonesia Ketemu Qatar di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Okezone

 

Masyarakat Indonesia Alergi Timnas Indonesia Ketemu Qatar di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

MASYARAKAT Indonesia di media sosial alergi Timnas Indonesia bertemu Qatar di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Penilaian itu muncul karena The Maroons -julukan Timnas Qatar- kerap kali diuntungkan wasit sehingga berpotensi merugikan Timnas Indonesia jika harus bertemu.

Akibat sering dibantu wasit, istilah Qavar -merujuk kepada teknologi yang sering digunakan wasit untuk mengecek sebuah peristiwa- muncul ke permukaan. Ketika tampil sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, Qatar beberapa kali diuntungkan wasit.

(Timnas Qatar dapat 3 penalti di final Piala Asia 2023. (Foto: REUTERS)

Paling mencolok ketika wasit mensahkan gol kemenangan Qatar atas Iran di semifinal Piala Asia 2023, meski sang pemain terlihat jelas sudah terjebak offside. Begitu juga di partai puncak setelah secara sensasional wasit memberikan tiga hadiah penalti kepada Qatar saat bertemu Yordania.

Akram Afif berhasil mengonversi seluruh tendangan penalti itu sehingga Qatar menang 3-1 atas Yordania. Timnas Indonesia U-23 juga pernah menjadi korban dari keputusan wasit yang menguntungkan Qatar U-23, tepatnya di matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024.

Wasit asal Tajikistan yang memimpin pertandingan, Nasrullo Kabirov, memberikan hadiah penalti kepada Timnas Qatar U-23. Padahal, sebelum keputusan ini diambil, Kabirov menilai pemain Qatar U-23 telah melakukan pelanggaran kepada Rizky Ridho.

Kemudian di awal babak kedua, Ivar Jenner dikartu merah wasit karena dinilai melanggar pemain Qatar. Padahal, dalam siaran ulang terlihat jelas, kaki Ivar Jenner sama sekali tidak menyentuh pemain Qatar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Enggak muluk-muluk ya Allah. Jauhkan Qatar sama Indonesia,” tulis akun TikTok @mangkulangitttttttttt, merujuk kepada drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang dilangsungkan hari ini, Kamis (27/6/2024) pukul 14.00 WIB.

(Masyarakat Indonesia tak mau Timnas Indonesia satu grup dengan Qatar. (Foto: TikTok/@mangkulangitttttttttt)

Timnas Indonesia dan 17 negara lain akan mengikuti drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad asuhan Shin Tae-yong ditempatkan di pot 6 bersama Kuwait dan Korea Utara karena memiliki ranking FIFA terendah.

Berhubung satu pot, skuad Garuda takkan satu grup dengan Kuwait dan Korea Utara. Timnas Indonesia akan menghadapi penghuni pot 1, 2, 3, 4 dan 5.

Karena itu, Timnas Indonesia berpeluang menghadapi Qatar yang menempati pot 2. Qatar menempati pot 2 bersama Irak dan Australia. Nantinya, 18 negara dibagi ke dalam tiga grup, di mana masing-masing grupnya berisikan enam negara.

Dua tim teratas di masing-masing grup (enam negara) berhak lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, tim-tim yang menempati peringkat tiga dan empat di masing-masing grup akan melanjutkan langkah mereka di babak keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Berikut pembagian pot drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Pot 1

Jepang (17)

Iran (20)

Korea Selatan (22)

Pot 2

Australia (23)

Qatar (35)

Irak (55)

Pot 3

Arab Saudi (56)

Uzbekistan (62)

Yordania (68)

Pot 4

Uni Emirat Arab (69)

Oman (76)

Bahrain (81)

Pot 5

China (88)

Palestina (95)

Kirgistan (101)

Pot 6

Korea Utara (110)

Indonesia (134)

Kuwait (137)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek