Kim Sang-sik Sesumbar Lampaui Park Hang-seo dan Shin Tae-yong Jadi Pelatih Korea Terhebat di ASEAN - Semua Halaman - Superball

 

Kim Sang-sik Sesumbar Lampaui Park Hang-seo dan Shin Tae-yong Jadi Pelatih Korea Terhebat di ASEAN - Semua Halaman - Superball

SUPERBALL.ID - Pelatih anyar Timnas VietnamKim Sang-sik, sesumbar dirinya akan melampaui dua seniornya jelang melakoni laga debut bersama Golden Star Warriors.

Seperti diketahui, Kim Sang-sik baru-baru ini ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) untuk menjadi pelatih kepala di Timnas Vietnam menggantikan Philippe Troussier.

Setelah resmi ditunjuk sebagai pelatih baru, Kim Sang-sik akan memulai pertandingan debutnya di ajang putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Berdasarkan jadwal, Timnas Vietnam akan menghadapi Timnas Filipina dalam pertandingan kelima Grup F pada Kamis (6/6/2024).

Menjelang bentrokan melawan Filipina, Kim Sang-sik berambisi meraih poin penuh di laga tersebut.

Hal itu ia sampaikan dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan, Rabu (5/6/2024).

Baca Juga: Respons Pelatih Filipina soal Pemain Naturalisasi yang Tak Bisa Nyanyi Lagu Kebangsaan

Bahkan juru taktik berusia 47 tahun itu menjadikan laga debut pelatih legendaris Timnas Vietnam Park Hang-seo sebagai perbandingan.

Saat memimpin Timnas VietnamPark Hang-seo menjadi satu-satunya pelatih Golden Star Warriors (dalam 10 tahun terakhir) yang gagal mencatatkan kemenangan di laga debutnya.

Saat itu (November 2017), Timnas Vietnam besutan Park Hang-seo hanya bermain imbang 0-0 menghadapi Afghanistan di ajang Kualifikasi Piala Asia.

"Tujuh tahun yang lalu, Park Hang-seo mengawali tugasnya di tim Vietnam dengan hasil imbang 0-0 dengan Afghanistan di kualifikasi Piala Asia 2019," ujar Kim Sang-sik sebagaimana dikutip SuperBall.id dari Vnexpress.

"Saat ini, meski mendapat banyak tekanan, saya tetap ingin memenangkan pertandingan besok dengan tim."

"Vietnam bermain di kandang sendiri dan kami ingin mendapatkan hasil terbaik dan membawa kegembiraan bagi para penggemar."

Lebih lanjut, mantan pelatih Jeonbuk Hyundai Motors itu mengaku terkesan dengan tekad kuat para pemainnya.

Meski begitu, ia menilai masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan dari Do Hung Dung dkk.

"Setelah lima hari menonton dan berlatih bersama saya, saya menyadari bahwa para siswa memiliki semangat, tekad, dan keinginan untuk menang yang jauh lebih besar daripada yang saya kira," ucap Kim Sang-sik.

"Tentu saja, mereka juga memiliki beberapa poin taktis yang perlu ditingkatkan agar menjadi lebih baik."

"Saya selalu berusaha bersikap ramah, seperti saudara, dekat untuk membantu para pemain tampil seakurat mungkin melalui setiap sesi latihan."

Baca Juga: Pelatih Timnas Vietnam Selalu Raih Debut Mengesankan, Kim Sang-sik Bikin Cemas Penonton

Kemenangan yang diincar Kim Sang-sik tak hanya akan melampaui Park Hang-seo, tetapi juga Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia.

Saat melakoni laga debutnya (Mei 2021), Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong takluk dengan skor 1-3 melawan Oman di laga persahabatan.

Sedangkan debutnya di laga resmi (Kualifikasi Piala Dunia) Juni 2021, Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia hanya bermain imbang 2-2 kontra Thailand.

Sementara itu, pelatih asal Korea Selatan lainnya yakni Kim Pan-gon berhasil memenangi laga debutnya ketika Timnas Malaysia menghajar Filipina dua gol tanpa balas di laga persahabatan (Maret 2022).

Untuk debutnya di laga resmi Juni 2022, pasukan Kim Pan-gon juga sukses meraih kemenangan (3-1) melawan Turkmenistan di Kualifikasi Piala Asia.

Menarik dinantikan, apakah Kim Sang-sik mampu mendapatkan debut yang apik bersama Timnas Vietnam dan menjadi pelatih asal Korea terhebat di Asia Tenggara?

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek