Jadwal Indonesia Open 2024 - Menanti Terobosan Sabar/Reza, Tahun Lalu Dilarang Daftar, Kini Gendong Merah Putih Sendirian - Semua Halaman - Bolasport

 

Jadwal Indonesia Open 2024 - Menanti Terobosan Sabar/Reza, Tahun Lalu Dilarang Daftar, Kini Gendong Merah Putih Sendirian - Semua Halaman - Bolasport

BOLASPORT.COM - Krisis kembali terjadi ketika hanya ada satu wakil Tanah Air yang bertanding dalam jadwal Indonesia Open 2024 untuk babak semifinal. Namun, asa lolos ke final sangat terbuka.

Ganda putra, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani, sendirian membawa harapan Merah Putih saat Indonesia Open 2024 memasuki babak empat besar.

Walau belum bertemu kontestan unggulan pekan ini, Sabar/Reza mampu terus melaju dengan menyingkirkan lawan-lawan yang tidak bisa dianggap enteng.

Di babak kedua, mereka mampu menyingkirkan wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin, yang notabene adalah pemenang emas Olimpiade Tokyo 2020.

Sedangkan di perempat final, Sabar/Reza menghentikan Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan, juga wakil Taiwan, yang pernah menjadi momok pasangan Indonesia.

Di French Open 2024, Lee/Yang melaju ke final dengan menyingkirkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana sekaligus.

Adapun di babak pertama, Sabar/Reza berhasil mengatasi perlawanan rekan senegara, Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dalam laga kelewat brutal.

Butuh tiga gim yang selalu diwarnai adu setting bagi Sabar/Reza untuk mencegah kekalahan dini dari Rahmat/Yeremia. Skornya 24-26, 24-22, 26-24.

Baca Juga: Rekap Hasil Indonesia Open 2024 - Sabar/Reza Harapan Terakhir Tuan Rumah untuk Berpesta

Lolos sendirian sebagai wakil negaranya di Indonesia Open 2024 tentu menjadi pencapaian tersendiri bagi Sabar/Reza.

Lebih-lebih, tahun lalu pasangan independen ini bahkan tidak bisa untuk sekadar mendaftar ke Indonesia Open 2023.

Penyebabnya adalah Peraturan Organisasi No. 15 tahun 2022 dari PBSI tentang pembatasan peringkat pemain sebagai prasyarat untuk mengikuti turnamen internasional.

Teguran dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) kepada PBSI karena kasus skor pertandingan mencolok yang melibatkan wakil Indonesia menjadi penyebab aturan ini ditegakkan.

Makin tinggi level turnamennya, makin tinggi pula peringkat yang harus dicapai bagi pemain non-pelatnas seperti Sabar/Reza untuk bisa ikut serta.

Adapun batas untuk turnamen level World Tour Super 1000 seperti Indonesia Open adalah 40 besar dunia.

Apes, sampai menjelang pendaftaran Indonesia Open 2023 ditutup pada awal Mei tahun lalu, eks Pelatnas itu masih di luar zona, tepatnya di rank 45.

Ironisnya, ada pasangan di bawah Sabar/Reza dari negara lain yang lolos ke babak utama Indonesia Open saat itu.

Sabar/Reza perlahan memperbaiki peringkat. Secercah harapan hadir ketika mereka mendapat sponsor untuk mengikuti tur Eropa pada Maret lalu, pertama sejak keluar dari Pelatnas.

Hasil runner-up, semifinal, dan juara dalam tiga ajang BWF World Tour di Benua Biru mendorong juara Spain Masters itu dari peringkat 48 menjadi 26 dunia.

Perjuangan Sabar/Reza akhirnya berbuah manis dengan semifinal pertama di ajang Super 1000 dan itu terjadi di tanah kelahiran sendiri.

"Saya terharu sekali bisa tampil di Istora karena ini impian saya dari kecil. Mudah-mudahan bisa berprestasi terbawa bawa medali," tutur Sabar setelah memenangi laga perempat final.

"Kami tahu pemain Indonesia tinggal sedikit. Jadi, mau tidak mau ingin menang pastinya," ucap Reza menambahkan.

Kans Sabar/Reza untuk lolos ke final terbuka karena mereka akan menghadapi sesama underdog yaitu Man Wei Chong/Kai Wun Tee, ganda putra peringkat 20 dunia dari Malaysia.

Sebagaimana Sabar/Reza di Spain Masters 2024, Man/Kai sebelum ini mentok menjadi juara di level Super 300 walau lebih sering dengan 3 gelar juara.

Man/Kai sendiri juga membuat kejutan di Indonesia Open 2024. Di babak pertama, mereka sukses menyingkirkan Juara Dunia, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan).

Pertandingan antara Sabar/Reza dan Man/Kai akan menjadi penutup dari rangkaian pertandingan babak semifinal Indonesia Open 2024.

Semifinal Indonesia Open 2024 akan dihelat di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (8/4/2024) mulai pukul 12.00 WIB. Siaran langsung akan tersedia di iNews TV.

JADWAL INDONESIA OPEN 2024

Semifinal, Sabtu (8/4/2024)

  1. XD: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China/1) vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand/6)
  2. WS: An Se-young (Korea Selatan/1) vs Wang Zhi Yi (China/6)
  3. XD: Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia) vs Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China/5)
  4. WS: Carolina Marin (Spanyol/3) vs Chen Yu Fei (China/2)
  5. WD: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China/1) vs Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang/7)
  6. WD: Liu Sheng Shu/Tan Ning (China/3) vs Baek Ha-na/Lee So-hee (Korea Selatan/2)
  7. MS: Li Shi Feng (China/6) vs Shi Yu Qi (China/2)
  8. MD: Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark/4) vs Liang Wei Keng/Wang Chang (China/2)
  9. MS: Anders Antonsen (Denmark/4) vs Kunvalut Vitidsarn (Thailand/8)
  10. MD: Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia) vs Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (Indonesia)

Baca Juga: Indonesia Open 2024 - Insiden Tali Sepatu Tak Kendurkan Semangat Sabar/Reza Bungkam Wakil Taiwan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek