Impian Tampil di Piala Dunia 2026 Sirna, Timnas Malaysia Segera Hadapi Tantangan Jauh Lebih Berat - Semua Halaman - Superball

 

Impian Tampil di Piala Dunia 2026 Sirna, Timnas Malaysia Segera Hadapi Tantangan Jauh Lebih Berat - Semua Halaman - Superball

SUPERBALL.ID - Impian Timnas Malaysia untuk bisa tampil di Piala Dunia 2026 dipastikan sirna setelah mengalami kegagalan selama babak kualifikasi.

Di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Malaysia tergabung di Grup D bersama Oman, Kirgistan dan Taiwan.

Dari enam pertandingan yang dimainkan, skuad Harimau Malaya total mengumpulkan 10 poin dengan rincian tiga kemenangan, satu seri, dan dua kali kalah.

Malaysia meraih poin penuh saat mereka mengandaskan Kirgistan 4-3 di laga perdana, ditambah dua kemenangan atas Taiwan (1-0 dan 3-1).

Sedangkan hasil imbang didapat saat mereka menahan tuan rumah Kirgistan 1-1 di Bishkek.

Baca Juga: Kim Pan-gon Sebut Kualifikasi Piala Dunia 2026 Jadi Ajang Paling Menyakitkan Selama Latih Malaysia

Torehan 10 poin membuat Malaysia finis di posisi tiga klasemen Grup D.

Mereka terpaut satu angka dari Kirgistan di urutan dua klasemen (11 poin) dan tiga poin dari Oman yang kokoh di puncak (13 poin).

Hasil itu juga sekaligus membuat tim besutan Kim Pan-gon gagal meraih impian bermain di Piala Dunia 2026 dan harus melewati babak kualifikasi untuk tampil di Piala Asia 2027.

Tim-tim yang gagal mendapatkan tiket otomatis ke Piala Asia 2027 masih berpeluang lolos ke kompetisi bergengsi Asia itu melalui putaran ketiga kualifikasi yang dijadwalkan berlangsung pada 25 Maret 2025 hingga 31 Maret 2026.

Sejauh ini sudah ada 18 tim yang memastikan lolos ke Piala Asia 2027 setelah sukses tampil sebagai dua tim terbaik di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ke-18 tim yang terlibat adalah Arab Saudi, Australia, Iran, Irak, Uzbekistan, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Jepang, Korea Selatan, Oman, dan Kirgistan.

Palestina, Bahrain, China, Indonesia, Korea Utara, Yordania, dan Kuwait melengkapi daftar 18 tim di atas.

Dengan demikian, tantangan Timnas Malaysia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2027 akan jauh lebih berat.

Pasalnya, dari total 24 peserta, hanya tersedia enam slot untuk tampil di putaran final Piala Asia 2027.

Itu artinya hanya juara grup babak kualifikasi ketiga yang akan bergabung dengan 18 tim yang sudah lolos ke kompetisi yang akan berlangsung di Arab Saudi.

Format kompetisinya adalah 24 peserta dibagi menjadi enam grup yang terdiri dari empat tim dan bermain kandang dan tandang (total enam pertandingan).

Pemeringkatan masing-masing tim yang mengisi empat pot akan didasarkan pada Ranking FIFA saat pengundian dilakukan sebelum Maret 2025.

Setiap grup akan diisi oleh masing-masing tim dari setiap pot yang terlibat melalui undian.

Berdasarkan ranking saat ini, Malaysia menjadi tim terbaik dari pot 2.

Tim lainnya yang juga mengisi pot 2 adalah Filipina, Turkmenistan, Afghanistan, Singapura dan Yaman.

Pot unggulan tertinggi atau pot 1 ditempati oleh Suriah, Tajikistan, Thailand, Vietnam, Lebanon, dan India.

Hong Kong, Taiwan, Maladewa, Myanmar, Nepal dan Bangladesh mengisi pot 3.

Sedangkan pot 4 dihuni oleh Bhutan, Laos, Pakistan dan tiga tim pemenang jalur play-off.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek