Di Tengah Konflik Perang, Timnas Palestina Cetak Sejarah Pertama Kalinya Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Jawa Pos

 

Di Tengah Konflik Perang, Timnas Palestina Cetak Sejarah Pertama Kalinya Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Jawa Pos

JawaPos.com – Di tengah cobaan perang yang menghancurkan di Gaza, Timnas Palestina berhasil mencetak sejarah untuk pertama kalinya melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Palestina mencetak sejarah setelah bermain imbang tanpa gol menghadapi Lebanon dalam lanjutan laga di Grup I, pada Kamis (6/6/2024) yang digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Qatar. Mereka sengaja menggelar laga di Qatar karena masalah keamanan di Gaza. 

Satu poin yang didapatkan tersebut cukup memastikan langkah tim berjuluk Singa Kanaan itu ke putaran berikutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Palestina melaju ke babak selanjutnya setelah berada di urutan kedua Grup I mengoleksi 7 poin, unggul 5 poin atas Lebanon di urutan ketiga.

Dengan raihan tersebut, posisi Palestina tidak akan mampu dikejar lagi oleh Lebanon meskipun masih memiliki sisa satu pertandingan lagi. Hasil itu membuat tim asuhan Makrab Daboub melangkah ke putaran ketiga.

Baca Juga: Timnas Palestina Mohammed Barakat, Gugur Terkena Serangan Udara Israel di Gaza Pada Hari Pertama Bulan Ramadhan

Capaian ini menjadi yang terbaik diperoleh Timnas Palestina, di mana mereka selalu mentok di putaran kedua sebelumnya.

Seperti dikutip melalui The New Arab, keberhasilan kali ini membuat Palestina memesan tempat bermain di Arab Saudi pada 2027, menandai penampilan keempat kalinya secara berturut-turut.

Meskipun gempuran Israel yang terus menyerang negaranya dan membuatnya kesulitan fokus dalam bermain karena memiliki kekhawatiran terhadap sanak keluarganya, tetapi hal tersebut tak menyurutkan daya juang para pemain Palestina untuk tetap semangat dan mencetak sejarah baru.

Seperti pada Piala Asia yang digelar Januari lalu, Timnas Palestina juga berhasil membuat sejarah baru dengan pertama kalinya maju ke babak gugur Piala Asia 2023.

Pada fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, Palestina telah bergabung bersama 12 tim negara yang juga telah memastikan tempatnya di antaranya Australia, Irak, Iran, Uzbekistan, Qatar, UAE, Jepang, Korea Selatan, Oman, Arab Saudi, Bahrain, Yordania.

Baca Juga: Ungkapan Menyentuh Pemain Timnas Palestina, Tampil di Piala Asia 2023 dengan Dibayangi Perang di Gaza

Akan ada 18 tim negara yang bertanding di fase ini dan akan dibagi menjadi 3 grup yang masing-masing diisi oleh 6 tim. Drawing penentuan grup akan digelar pada 27 Juni mendatang.

Dua tim teratas dari setiap grup akan mewakili Asia ke putaran final Piala Dunia 2026 yang bakal diselenggarakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada dua tahun lagi.

Konten berikut adalah iklan platform Geozo, media kami tidak terkait dengan materi konten ini.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek