Dear Jojo dan Ginting, Ini Pesan Taufik Hidayat Jelang Olimpiade! - detik

 

Dear Jojo dan Ginting, Ini Pesan Taufik Hidayat Jelang Olimpiade!

Jakarta 

-

Kesiapan mental menjadi faktor penting agar fokus menghadapi Olimpiade 2024. Persoalan keluarga, pacar, hingga sosial media pun diharapkan bisa dihindari sementara ini.

Demikian hal itu disampaikan legenda hidup bulutangkis Taufik Hidayat, dalam memberi masukan pada junior-juniornya di Pelatnas PBSI, Cipayung.

Taufik sebelumnya masuk dalam tim Ad Hoc Olimpiade Paris, dan ia didapuk menjadi mentor bagi Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie menuju Paris 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama itu pula, ia telah memberikan masukan dan berbagi pengalaman kepada Ginting dan Jonatan. Terutama dalam menjaga mental dan pikiran menuju multievent empat tahunan tersebut.

"Kebetulan saya sebagai mentor di tunggal putra, yang selalu saya sampaikan ke Jonatan dan Ginting ini karena kan tinggal sebulan lagi menuju Olimpiade, mungkin di luar-luar yang memang latihan ya."

"Dalam arti, once kita masuk lapangan secara mental siap, maka teknik dan fisik itu akan keluar semua. Tapi kalau mental sudah drop, banyak gangguan, hal-hal kecil saja akan sangat mengganggu," kata Taufik saat ditemui di Senayan City, Rabu (19/6/2024).

"Karena kita tahu ini Olimpiade empat tahun sekali, anggap lah ini Olimpiade terakhir, belum tentu Olympic berikutnya kita masih main, karena kita enggak tahu."

Bukan tanpa alasan peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 itu mengatakan demikian. Menurutnya, gangguan sekecil apapun bisa memengaruhi atlet kala bertanding.

"Apalagi mungkin tipikal anak dulu dengan sekarang beda. Sekarang zaman sosial media, kalau mereka baper (bawa perasaan), mereka yang namanya terganggu dengan itu mendingan tak perlu baca. Kalau mereka siap tapi anggap saja angin lalu."

"Karena sayang dengan latihan panjang dan konsisten dari awal masuk sampai Olimpiade terganggu dengan hal kecil. Jadi kalau tidak sekarang, kapan lagi?"

Pentingnya jaga mental

Ia juga meminta Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bersama-sama dengan tim Chef de Mission (CdM) Paris 2024 agar dapat menjaga kualitas mental atlet mengingat pertandingan akan dimulai satu bulan lagi.

Cabang Bulutangkis di Olimpiade 2024 akan diselenggarakan mulai 27 Juli hingga 5 Agustus di Porte de la Chapelle Arena, Adidas Arena.

"Nah, tadi dengan paparan CdM (Anindya Bakrie) saya harap nanti bisa mengontrol anak-anak dari hal kecil, yang selalu saya ingatkan juga terutama untuk anak-anak bulutangkis, lupakan yang namanya, bukan selamanya, masalah keluarga, pacar, orang dekat dan lain-lain. Kita fokus untuk olimpiade dulu," ujarnya.

"Jadi saya harap hal-hal kecil, mungkin nanti saya juga titip pesan tim dari KOI dan CdM, agar benar-benar me-treatment person to person karena mereka pasti punya karakter berbeda-beda."

(mcy/krs)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek