Selandia Baru dan India Sempat Jadi Opsi, Ini Alasan Tanzania Dipilih BTN untuk Lawan Timnas Indonesia - bolaskor

 

Selandia Baru dan India Sempat Jadi Opsi, Ini Alasan Tanzania Dipilih BTN untuk Lawan Timnas Indonesia - bolaskor

BolaSkor.com - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengungkapkan proses di balik terpilihnya Tanzania sebagai lawan uji coba Timnas Indonesia. Laga itu digelar di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6).

Sumardji mengatakan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengajukan permintaan kepada PSSI untuk mencarikan lawan uji coba sebagai persiapan menghadapi Irak (6/6) dan Filipina (11/6) dalam lanjutan Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Ya jadi kan kita sesuai permintaan Coach Shin (Tae-yong) sebelum (pertandingan) tanggal 6 dan 11 itu ada uji coba," kata Sumardji saat dihubungi wartawan.

"Makanya akhirnya BTN mencarikan lawan tanding," tambahnya.

Sumardji menuturkan, Tanzania sebetulnya bukan satu-satunya tim yang dihubungi oleh BTN. Ada dua negara lainnya yang dijajaki.

"Sebetulnya ada tiga (yang kami hubungi). Selandia Baru, India, dan Tanzania," ujar lelaki yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Baca Juga:

Baru Dua Kiper yang Dipanggil ke Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sisakan Slot untuk Maarten Paes?

Jadwal Latihan Perdana Timnas Indonesia untuk Hadapi Irak dan Filipina

Deretan Pemain Timnas Indonesia yang 'Hilang' untuk Laga Kontra Irak dan Filipina

Lalu, kenapa akhirnya Tanzania yang dipilih, Sumardji menjelaskan alasannya.

"Dari tiga itu yang memungkinkan dan sudah mendapatkan jawaban itu lebih cepat Tanzania. Akhirnya kita ambil itu," ucapnya.

Namun, Sumardji memastikan bahwa pertandingan melawan Tanzania tidak didaftarkan ke FIFA. Selain di luar tanggal FIFA Matchday (3-11 Juni), Timnas Indonesia juga terbentur aturan setiap tim hanya boleh menggelar dua pertandingan dalam satu periode FIFA Matchday.

Pasalnya, FIFA Matchday periode Juni 2024 bertepatan dengan lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia akan menghadapi Irak (6/6) dan Filipina (11/6).

"(Pertandingan melawan Tanzania) enggak masuk poin FIFA. Itu hanya untuk uji coba persiapan melawan Irak dan Filipina," tutur Sumardji.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek