Satu-satunya Wakil Indonesia yang Tahan 200 Pekan Jadi Nomor 1 Pamit dari Peringkat Dunia Pekan Depan - Semua Halaman - Bolasport

 

Satu-satunya Wakil Indonesia yang Tahan 200 Pekan Jadi Nomor 1 Pamit dari Peringkat Dunia Pekan Depan - Semua Halaman - Bolasport

BOLASPORT.COM - Eksistensi mantan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, di peringkat dunia BWF akan habis seiring dengan bergulirnya Singapore Open 2024 pada pekan ini.

Singapore Open 2024 memang belum menandai 52 pekan, periode penghitungan poin ranking dunia BWF, sejak terakhir kali Marcus/Kevin bermain bersama.

Namun, fakta bahwa Singapore Open juga yang menjadi ajang terakhir Marcus/Kevin sebagai pasangan membuat mereka akan kehilangan poin pamungkas di peringkat dunia BWF.

Sebab, pekan ini tabungan poin Marcus/Kevin hanya akan tersisa 1, tepatnya 4.320 poin dari hasil tampil hingga babak kedua Singapore Open 2023.

Regulasi BWF tentang Peringkat Dunia mengatur poin ranking akan kedaluwarsa setelah turnamen yang sama (dan dengan level yang sama) dihelat lagi selain jika sudah lewat masa 52 pekan.

Akan hilangnya entry Marcus/Kevin dari peringkat dunia pada pekan depan, pekan ke-23 2024 (4/6/2024), menambah pilu dunia bulu tangkis Indonesia yang kehilangan pasangan terbaiknya.

Marcus mengumumkan gantung raket pada 9 Maret silam. Kevin menyusul dengan memberikan kepastian tentang akhir dari kariernya pada 16 Mei lalu.

Marcus/Kevin memegang rekor sebagai pebulu tangkis Indonesia yang mampu bertahan paling lama di peringkat 1 dunia.

Baca Juga: Hasil Positif Datang, Rinov/Pitha Syukuri Meski Tak Jadi Nomor 1 pada Malaysia Masters 2024

Total 226 pekan dihabiskan Marcus/Kevin sebagai ganda putra nomor satu dengan 214 pekan terjadi secara beruntun pada sejak 16 Maret 2017 sampai 13 September 2022.

Mengutip Badminton Planet, jika dibandingkan dengan para jawara tepok bulu lainnya, hanya ada 2 pemain dan 1 pasangan yang lebih baik dari Marcus/Kevin.

Tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, memegang rekor terlama dengan menjadi raja bulu tangkis selama 348 pekan.

Rival terbesar Lee Chong Wei yaitu Lin Dan (China) menyusul dengan 233 pekan bertengger di peringkat teratas dalam ranking dunia.

Adapun satu-satunya pasangan adalah mantan rival Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dari China, Zhang Nan/Zhao Yun Lei, sebagai ganda campuran nomor satu selama 236 pekan.

Keberhasilan Marcus/Kevin menguasai takhta bergengsi tidak terlepas dari trofi demi trofi yang mampu dikoleksi sejak debut sebagai pasangan pada 2015.

Sebanyak 33 turnamen resmi BWF berhasil mereka menangi, termasuk dari ajang bergengsi yaitu Thomas Cup (1 kali), Asian Games (1 kali), All England (2 kali), dan Indonesia Open (4 kali).

Nama Marcus dan Kevin belum akan benar-benar dihapus dari peringkat dunia BWF.

Selain perlu mengurus berkas dengan BWF, mereka masih terdaftar berkat penampilan sesaat bersama partner baru masing-masing pada akhir tahun lalu.

Marcus masih punya 4.700 poin bersama Muhammad Rayhan Nur Fadillah berkat penampilan mereka di Syed Modi International 2023 dan Guwahati Masters 2023.

Sementara Kevin menabung 6.350 poin bareng Rahmat Hidayat dari penampilan di Korea Masters 2024 dan Kumamoto Masters 2024.

Baca Juga: Tantangan Baru Nova Widianto akibat Malaysia Minim Ganda Campuran: Pemain Senior Jangan Cepat-cepat Pensiun

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek