Media Thailand Sebut Pelatih Baru Vienam Bisa Bikin Timnas Indonesia Gemetar - Semua Halaman - Superball

 

Media Thailand Sebut Pelatih Baru Vienam Bisa Bikin Timnas Indonesia Gemetar - Semua Halaman - Superball

SUPERBALL.ID - Sebelum Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) resmi menunjuk Kim Sang-sik sebagai pelatih baru di tim nasional, surat kabar Thailand menyebut itu adalah langkah awal sepak bola Vietnam untuk kembali ke puncak, memberi tantangan kepada Indonesia dan Thailand.

Sebagai informasi, Kim Sang-sik terkenal karena memenangi 12 kejuaraan nasional Korea (K-League) baik di level pemain, asisten, dan pelatih kepala.

Dalam sejarah K-League, hanya 3 orang yang pernah mengangkat trofi sebagai pemain dan pelatih.

Tak hanya punya prestasi gemilang, Kim Sang-sik juga dinilai sebagai sosok yang berjiwa muda dan memiliki kualitas moral yang baik.

Oleh karena itu, para suporter Vietnam juga berharap pelatih berusia 48 tahun itu dapat membantu sepak bola Vietnam bangkit setelah 'sakit' baru-baru ini.

Baca Juga: Penulis Memoar Son Heung-min Puji Timnas Indonesia Sekaligus Kirim Peringatan soal Pelatih Baru Vietnam

Seperti diketahui, sepak bola Vietnam belakangan ini mengalami kemunduran yang signifikan ketika ditangani oleh Philippe Troussier.

Tak hanya merosot drastis di ranking FIFA, Vietnam juga mengalami dua kekalahan beruntun ketika menghadapi Timnas Indonesia di ajang putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Akibat kekalahan itu, peluang Golden Star Warriors untuk lolos ke putaran ketiga menjadi sempit.

VFF dan Troussier pun akhirnya sepakat untuk mengakhiri masa kontrak lebih awal.

Dan baru-baru ini, VFF resmi menunjuk pelatih asal Korea Selatan yakni Kim Sang-sik untuk menggantikan tugas Troussier.

Menanggapi penunjukkan Kim Sang-sik tersebut, surat kabar Thailand menilai bahwa Vietnam saat ini sedang mengirimkan tantangan baru untuk timnasnya.

"Gaya Korea yang kuat kembali ke tim Vietnam," tulis surat kabar Siamsport sebagaimana dikutip SuperBall.id dari Thanhnien.vn.

"Penunjukan Kim Sang-sik sebagai pelatih kepala Prajurit Bintang Emas kali ini menunjukkan bahwa mereka masih percaya pada disiplin, tanggung jawab dan kekuatan, sebuah gaya yang sudah sangat terkenal di Korea."

"Terlebih lagi, dorongan besar pada pilar tim Vietnam mungkin akan datang lagi."

"Generasi emas tim Vietnam masih ada dan kemunculan Kim Sang-sik akan berkontribusi untuk meningkatkan motivasi bertarung mereka."

Sementara itu, surat kabar Thailand lainnya (Thai Rath) memprediksi bahwa kehadiran Kim Sang-sik bisa mengungguli dua rival beratnya (Thailand dan Indonesia) untuk kembali menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

"Ketika tim Vietnam sukses dengan pelatih Park Hang-seo (periode 2017-2023), tim Thailand digulingkan secara dramatis," tulis laporan Thai Rath.

"Tim Gajah Perang kemudian tiba-tiba mengalami kemunduran, baik di timnas senior maupun level U-23."

"Timnas Indonesia pun harus melalui kenangan kekalahan yang terus menerus."

"Bagi orang Korea, tidak ada yang mengira sepak bola Vietnam akan mengalami banyak perubahan."

"Kini, dengan dipilihnya Kim Sang-sik, jelas tim Vietnam menegaskan ambisinya untuk kembali menjadi yang teratas di Asia Tenggara."

"Mereka bisa mengungguli tim Thailand dan membuat Indonesia, tim yang menapaki prestasi besar akhir-akhir ini, gemetar setiap berhadapan."

"Tentu saja Thailand dan Indonesia menjadi penyeimbang utama dan tim Vietnam mengirimkan tantangan."

"Tim-tim yang tersisa di Asia Tenggara saat ini tidak cukup menyulitkan tim Vietnam."

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita