Hasil Man City Vs West Ham 3-1, The Citizens Juara Liga Inggris! - Kompas

 

Hasil Man City Vs West Ham 3-1, The Citizens Juara Liga Inggris!

Eris Eka Jaya

Gelandang Manchester City Rodri merayakan gol ketiga tim bersama Phil Foden pada pertandingan Liga Inggris antara Manchester City vs West Ham United di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, pada 19 Mei 2024.

Gelandang Manchester City Rodri merayakan gol ketiga tim bersama Phil Foden pada pertandingan Liga Inggris antara Manchester City vs West Ham United di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, pada 19 Mei 2024.(AFP/OLI SCARFF)

KOMPAS.com - Manchester City menjadi juara Liga Inggris 2023-2024 setelah mengalahkan West Ham United pada pekan terakhir kompetisi. 

Laga Man City vs West Ham yang berlangsung di Stadion Etihad, Minggu (19/5/2024) malam WIB, berakhir dengan skor 3-1. 

Tiga gol kemenangan Man City dicetak Phil Foden (2', 18') dan Rodri (59'). Sementara itu, satu gol West Ham dibukukan Mohammed Kudus (42'). 

Baca juga: Man City Vs West Ham: Pasukan Guardiola Tiap Detik Harus Sempurna

Hasil ini membuat Man City finis di peringkat pertama klasemen Liga Inggris 2023-2024 dengan perolehan 91 poin. 

Sementara, rival terdekat Man City, yaitu Arsenal, menang 2-1 melawan Everton dan berakhir di posisi kedua klasemen dengan 89 poin. 

Ini merupakan gelar Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, keempat beruntun yang diraih Man City setelah musim 2020–2021, 2021–2022, dan 2022–2023. 

Baca juga: Man City Vs West Ham, Pesan Singkat Guardiola demi Gelar Juara

Rangkuman pertandingan

Serangan Man City langsung berbuah gol cepat saat laga baru berjalan dua menit. Gol berawal saat bek West Ham, Konstantinos Mavropanos, gagal menghalau bola. 

Haaland kemudian mendapatkan bola dan menyodorkannya ke Kevin De Bruyen. Bola lalu dilanjutkan ke Bernardo Silva yang memberikan umpan ke Phil Foden di tepi kotak penalti. 

Foden yang dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League 2023-2024 itu melepaskan tendangan melengkung yang gagal dijangkau kiper West Ham, Alphonse Areola. 

Baca juga: Cristiano Ronaldo Prediksi Arsenal Tidak akan Juara Premier League Musim Ini

Kevin De Bruyne hampir menggandakan keunggulan Man City pada menit ke-10, tetapi tendangan kaki kanannya masih bisa digagalkan. 

Lima menit kemudian, giliran Jeremy Doku yang mengancam pertahanan West Ham. Namun, tembakannya dari kiri kotak penalti juga bisa ditepis Areola. 

Meski gagal membuat gol, Doku berkontribusi untuk gol kedua Man City. Ia memberikan umpan silang yang diselesaikan dengan sempurna oleh Foden pada menit ke-18. 

De Bruyne mendapatkan peluang untuk menambah gol Man City pada menit ke-26. Akan tetapi, Areola berhasil menepis tendangannya yang mengarah ke pojok kanan atas gawang. 

Baca juga: Arsenal Cetak Sejarah, Lampaui Rekor The Invincibles Pimpinan Wenger

West Ham memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 berkat gol akrobatik Mohammed Kudus yang bermula dari sepak pojok pada menit ke-42. 

Man City menambah keunggulan lewat tendangan Rodri pada menit ke-59. Ia melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti setelah menerima umpan Bernardo Silva. 

Dominasi The Citizens terus berlanjut dan menghasilkan beberapa peluang lagi, termasuk lewat Erling Haaland. Namun, upaya beruntun Haaland pada menit ke-66 dan 69 bisa diblok. 

Haaland juga mendapat bola dari tendangan bebas De Bruyne pada menit ke-83. Namun, si kulit bulat hanya mengenai bahunya dan melebar dari gawang.

West Ham membukukan gol kedua pada menit ke-87 lewat Tomas Soucek. Namun, gol dianulir karena Soucek melakukan handball. 

Tidak ada gol lagi yang tercipta hingga pertandingan tuntas. Man City menang 3-1 dan memastikan gelar juara Liga Inggris 2023-2024.  

Susunan pemain Man City vs West Ham 

Man City: Stefan Ortega, Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji (Nathan Ake 71'), Josko Gvardiol, Rodir, Jeremy Doku, Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Phil Foden (Mateo Kovacic 90+1'), Erling Haaland. 

West Ham: Alphonse Areola, Kurt Zouma, Konstantinos Mavropanos, Aaron Cresswell, Vladimir Coufal, James Ward-Prowse, Tomas Soucek, Emerson Palmeiri (Edson Alvarez 71'), Mohammed Kudus, Michail Antonio (George Earthy 81'), Lucas Paqueta (Danny Ings 86'). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek