Hasil Indonesia Vs Irak: Kalah 1-2, Garuda Muda ke Playoff Olimpiade 2024 - Kompas

 

Hasil Indonesia Vs Irak: Kalah 1-2, Garuda Muda ke Playoff Olimpiade 2024

KOMPAS.com - Timnas U23 Indonesia kalah dari Irak pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Asia U23 2024. 

Duel Irak vs Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) malam WIB, berakhir 2-1 pada babak extra time

Indonesia membuka keunggulan lebih dulu lewat sepakan Ivar Jenner (19'), sebelum Irak menyamakan skor via sundulan Zaid Tahseen (27').

Irak kemudian menambah gol sekaligus memastikan kemenangan berkat tembakan Ali Jasim pada menit ke-96.

Baca juga: Kata Pelatih Irak soal Kekuatan Indonesia di Piala Asia U23

Dengan demikian, Irak berhak mendapat tiket ke Olimpiade Paris bersama Jepang dan Uzbekistan yang akan tampil di final Piala Asia U23 2024

Sementara itu, Indonesia masih punya peluang lolos ke multievent empat tahunan itu lewat babak playoff melawan tim peringkat keempat Piala Afrika U23, Guinea. 

Pertandingan antara Indonesia dan Guinea untuk memperebutkan satu tiket Olimpiade yang tersisa dijadwalkan berlangsung pada 9 Mei 2024. 

Adapun Ivar Jenner menjadi pencetak gol pertama dalam laga ini dan membuka keunggulan Indonesia pada menit ke-19. 

Baca juga: Indonesia Vs Irak, Doa dari Korsel untuk Arhan dan Garuda Muda

Ia melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti dan bola mengarah ke pojok kiri gawang Irak tanpa bisa dicegah kiper Hussein Hasan. 

Namun, keunggulan Indonesia tak bertahan lama. Irak mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-27. 

Ernando Ari gagal menepis bola yang membuatnya jatuh. Memanfaatkan kemelut itu, Zaid Tahseen lantas menyundul bola ke gawang kosong. 

Pada babak kedua, Indonesia menciptakan peluang pada menit ke-72 lewat tendangan Jeam Kelly Sroyer yang masih melambung. 

Baca juga: Indonesia Vs Irak: Garuda Muda Lebihi Ekspektasi, Kans ke Olimpiade Terbuka

Ancaman Irak datang tak lama kemudian. Ernando bermaksud menutup ruang gerak Nihad Mohammed. Namun, bola melewati Ernando dan mengarah ke gawang yang kosong. 

Beruntung Nathan sigap membuang bola sebelum si kulit bulat melewati garis gawang. Kombinasi Struick dan Witan kembali menciptakan peluang pada menit ke-82. 

Struick berlari di sisi kiri dan meneruskan bola ke Witan yang berada di dekat gawang. Bola menyentuh kaki Witan, tetapi Hussen Hasan langsung mengamankan si kulit bulat. 

Irak nyaris mencetak gol kedua pada menit akhir lewat sundulan Ridha Fadhil. Beruntun, Ernando mampu menepis bola. 

Baca juga: Irak Vs Indonesia, Alasan Shin Tae-yong Fokus Fisik dan Mental Garuda

Sang penjaga gawang kembali melakukan penyelamatan krusial dengan menggagalkan tendangan Nihad Mohammed pada menit ke-90+2. 

Ali Jasim membawa Irak unggul 2-1 pada babak perpanjangan waktu atau tepatnya menit ke-96 setelah menerima umpan Muntadher Mohammed Maslookhi. 

Pemain nomor punggung 7 itu lepas dari offside dan melepaskan tendangan kaki kanan. Bola pun melewati kaki Ernando dan masuk ke pojok gawang. 

Indonesia tak berhasil menambah gol untuk memaksa Irak bertanding ke babak adu penalti. Pertandingan pun tuntas 2-1 untuk kemenangan Irak. 

Susunan pemain Indonesia vs Irak

Indonesia (3-4-3): Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Ferrari, Justin Hubern, Nathan Tjoe-A-On, Ilham Rio Fahmi (Fajar Fathur Rahman 79'), Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Jeam Kelly Sroyer (Komang Teguh 79').  

Irak (4-4-2): Hussein Hasan Rasetim, Josef Baiz Al-Imam, Ahmed Hasan Al-Reeshawee, Zaid Tahseen Hantoosh, Mustafa Saadoon Al-Korji, Ali Jasim Elaibi (Halo Faiq Hassan 113'), Muntadher Mohammed Maslookhi (Karrar Saad Mohsin 112'), Karrar Mohammed Ali (Zaid Ismael 90'), Blnd Azad Klouri (Muntadher Abdulameer 67'), Nihad Mohammed Watifi, Ridha Fadhil Mayali (Amin Al Hamawi 90' (Hussein Amer 105')). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek