Tembok Baja di Depan Ernando Ari, Indonesia Bisa Mainkan 7 Bek Lawan Uzbekistan - Semua Halaman - Superball

 

Tembok Baja di Depan Ernando Ari, Indonesia Bisa Mainkan 7 Bek Lawan Uzbekistan - Semua Halaman - Superball

SUPERBALL.ID - Timnas U-23 Indonesia memiliki lini bertahan kuat yang sulit dihancurkan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-2024, tujuh pemain bisa jadi bek sekaligus.

Lini bertahan menjadi salah satu kekuatan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024 hingga mampu mencapai babak semifinal.

Meski sudah terbobol lima gol, lini pertahanan Timnas U-23 Indonesia patut diakui telah menampilkan performa terbaik di Piala Asia U-23 2024.

Kombinasi tiga bek yang diperankan Justin Hubner, Muhammad Ferarri dan Rizky Ridho sebagai kapten tampil solid sebagai tembok baja di depan Ernando Ari.

Performa lini belakang Indonesia memang sempat naik turun, awalnya terbobol dua gol oleh Qatar lewat skema bola mati dari penalti dan tendangan bebas.

Baca Juga: Ngerinya Formasi Shin Tae-yong, Uzbekistan Bisa Diobok-obok Lima Penyerang Indonesia Sekaligus

Kemudian tampil kokoh saat melawan Australia dan Yordania, sebelum kembali mendapat pelajaran besar dari Korea Selatan.

Berbekal pengalaman itulah para bek Timnas U-23 Indonesia diakui sudah teruji untuk menghadapi Uzbekistan di semifinal.

Pujian itu disampaikan mantan pelatih Timnas Indonesia tahun 2005 yang juga sosok legenda sepak bola Tanah Air, Bambang Nurdiansyah.

Sosok yang sudah malang melintang di dunia kepelatihan sepak bola Indonesia tak meragukan kualitas para bek Timnas U-23 Indonesia.

Baca Juga: Beda dengan Fakhri Husaini Soal Rafael Struick Absen, Legenda Arseto Solo: Kekuatan Indonesia Berkurang!

Meski begitu, tetap ada yang perlu digarisbawahi oleh Shin Tae-yong ketika menggunakan dua wing back dalam skema sepak bola modern.

Secara khusus, sosok yang akrab disapa Banur itu menyoroti sikap Pratama Arhan dan Fajar Fathur Rahman sebagai wing back kiri dan kanan.

Dalam posisi bertahan, kedua pemain itu diharap bisa cepat turun membantu lini bertahan, hal ini sangat penting saat melawan Uzbekistan.

Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024 terkenal sebagai tim dengan transisi yang cepat, baik saat menyerang maupun bertahan.

Baca Juga: Kata Rafael Struick Jelang Indonesia Vs Uzbekistan, Menyesal Tidak Main?

Menurut Bambang Nurdiansyah, serangan-serangan cepat pemain Uzbekistan bisa dipatahkan dengan tujuh pemain Indonesia yang bisa bermain sebagai bek sekaligus.

Selain Arhan dan Fajar, dua gelandang Ivar Jenner dan Nathan Tjoe-A-On juga bisa berperan sebagai gelandang bertahan dalam satu momen yang sama.

"(Hubner, Ridho dan Ferrari) Sudah teruji, mereka sudah bagus kan," ucap Bambang Nurdiansyah dalam program Kabar Petang TVOne.

"Tinggal sekarang bagaimana Fajar cepat turun, terus dibantu dengan dua defend midfield, Jenner dan Nathan."

Baca Juga: Tiba-tiba Tantrum, Pengganti Troussier Salahkan Klub Lokal Usai Vietnam Tersingkir dari Piala Asia U-23 2024

"Itu yang paling penting, ini sebenarnya kalau bertahan dengan formasi ini bisa tujuh (pemain) bertahan, kenapa? Fajar turun, Arhan turun, Jenner dan Nathan membantu," imbuhnya.

Laga semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Timnas U-23 Indonesia melawan Uzbekistan digelar pada Senin (29/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Duel ini sekaligus pembuktian masing-masing tim, Uzbekistan sebagai peraih gelar juara edisi 2018, sedangkan Indonesia sebagai tim debutan.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek