Pemilik F1 Beli MotoGP dari Dorna Rp68,6 Triliun, Diumumkan Hari Ini? - CNN Indonesia

 

Pemilik F1 Beli MotoGP dari Dorna Rp68,6 Triliun, Diumumkan Hari Ini?

Senin, 01 Apr 2024 16:45 WIB

Liberty Media dikabarkan akan jadi pemilik baru MotoGP. (REUTERS/Rodrigo Antunes)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Perusahaan pemilik Formula One (F1), Liberty Media, disebut akan mengumumkan pembelian MotoGP dari Dorna Sports paling lambat hari ini, Senin (1/4).

Klaim tersebut diungkap jurnalis Sky News, Mark Kleinman, melalui media sosial. Liberty Media dan Dorna Sports dikabarkan sudah mencapai kesepakatan untuk membeli MotoGP dengan harga 4 miliar euro atau setara Rp68,6 triliun.

"Kesepakatan senilai €4 miliar yang akan membuat Liberty Media, pemilik Formula One, mengakuisisi Dorna Sports, perusahaan induk MotoGP, diperkirakan akan diumumkan di Madrid paling cepat besok [1 April] setelah pembicaraan berbulan-bulan dengan pemilik [Dorna] Bridgepoint," tulis Kleinman.

Liberty Media Corporation adalah perusahaan media yang dimiliki pengusaha asal Amerika Serikat, John C. Malone. Perusahaan asal Amerika itu membeli Formula One Group pada akhir 2016 dengan nilai US$4,4 miliar.

Dorna Sports sendiri perusahaan pengelola MotoGP. Perusahaan asal Spanyol itu sudah menjadi pemegang hak eksklusif MotoGP sejak 1992 dan WorldSBK Superbike sejak 2013.

Perusahaan investasi asal Inggris, Brigdepoint Group, menjadi pemilik saham terbesar Dorna Sports sejak 2006. Brigdepoint punya saham Dorna sebesar 39 persen, disusul CPP Investments dengan 38 persen dan sisanya saham private.

Sejak Dorna dikabarkan siap menjual saham pada akhir 2023, Liberty Media bukan satu-satunya perusahaan yang tertarik menguasai MotoGP. Qatar Sports Investments yang memiliki klub sepak bola Paris Saint-Germain dan Newcastle United, juga tertarik membeli.

Liberty Media sukses meningkatkan popularitas F1 yang sempat jatuh sebelum 2016. Salah satu kunci sukses Liberty Media adalah menjadikan F1 lebih menghibur, termasuk meluncurkan film dokumenter di Netflix, Drive to Survive.

Sebaliknya pamor MotoGP semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir. Berakhirnya era sejumlah pemain hebat, seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, hingga Dani Pedrosa membuat jumlah penonton MotoGP semakin menurun.

(har)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek