Nova Arianto Puji Kualitas Pemain Timnas U-16 Tahap Kedua - CNN Indonesia

 

Nova Arianto Puji Kualitas Pemain Timnas U-16 Tahap Kedua

Senin, 01 Apr 2024 03:31 WIB

Nova Arianto memiliki tantangan mengubah filosofi bermain para pemain Timnas U-16. (Dok. PSSI)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto memberikan apresiasi kepada para pemain yang menjalani seleksi tahap kedua.

Saat ini para pemain yang mengikuti seleksi Timnas U-16 merupakan bagian dari tahap kedua gelombang keempat. Para pemain tersebut dipersiapkan untuk Piala AFF U-16 dan Piala Asia U-17.

Proses seleksi tahap kedua gelombang keempat diikuti 36 pemain yang berlangsung pada 28 sampai 31 Maret di Jakarta International Stadium.

Dari hasil seleksi itu, Nova Arianto mengaku puas lantaran kualitas pemain tahap kedua ini lebih bagus ketimbang di tahap pertama.

"Kualitas pemain-pemain di tahap kedua ini sebenarnya secara kualitas mereka di atas yang tahap pertama," kata Nova usai memimpin latihan, Minggu (31/3), dikutip dari Antara.

Nova yang juga asisten pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong ini memiliki alasan para pemain tahap kedua lebih bagus ketimbang tahap pertama.

EDUSPORTS: Apa Arti Race Direction MotoGP?

"Karena semua pemain yang hadir di sini kan sebetulnya rata-rata berasal dari tim yang lolos di delapan besar Elite Pro Academy. Secara pengalaman bertanding dan jam bertanding mereka lebih baik, dan secara kualitas pun bisa kita lihat mereka lebih baik," tutur Nova.

Meski memiliki kualitas lebih bagus, Nova menjelaskan tantangan dalam membentuk Timnas Indonesia U-16 ini, yakni mengubah gaya bermain sesuai filosofinya.

"Karena di setiap klub kan secara filosofi pasti berbeda-beda. Jadi di sini saya punya filosofi sendiri dan saya harap pemain bisa bermain sesuai dengan filosofi yang saya mau. Pemain yang bisa masuk di tim saya adalah pemain yang bisa bermain sesuai dengan yang saya mau," ujar Nova.

Nova berharap para pemain Timnas U-16 ini ke depannya bisa bermain dengan mengandalkan kerja sama tim dan selalu memainkan bola menyerang.

"Sebenarnya bermain bola itu mudah, tapi dipersulit oleh pemain sendiri. Karena pemain membuat sesuatu yang ketimbang passing, dia mau dribel, dia selalu kontrol. Itu membuat irama pertandingan akan hilang," ucap Nova.

(sry)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek