MotoGP Segera Diambil Alih Pemilik Formula 1 - BeritaSatu

 

MotoGP Segera Diambil Alih Pemilik Formula 1

Senin, 1 April 2024 | 11:56 WIB
Jaja Suteja / JAS

Pembalap MotoGP Francesco Bagnaia dari Italia, tengah, melewati tikungan diikuti oleh Pedro Acosta dari Spanyol, kiri, dan Marc Marquez, juga dari Spanyol saat MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, Minggu, 24 Maret 2024. (AP/Jose Breton)

Jakarta, Beritasatu.com - Pengambilalihan MotoGP oleh Liberty Media, yang juga pemilik F1, kabarnya akan dikonfirmasi dalam beberapa hari mendatang.

Presiden dan CEO Liberty Media Greg Maffei akan mengonfirmasi transaksi senilai € 4 miliar (Rp 68,5 miliar) lebih sebelum Rabu pekan ini, lapor Sky News. Maffei bahkan bisa mengumumkan kesepakatan besar itu pada Senin (1/4/2024), dalam perjalanan ke Madrid.

Adanya kesepakatan itu berarti dua pembangkit tenaga motorsport--Formula 1 dan MotoGP --dimiliki oleh perusahaan yang sama. Pekan lalu, The Financial Times melaporkan bahwa kesepakatan apa pun akan menghadapi pengawasan regulasi.

Namun, kini tampaknya konfirmasi kesepakatan ini hanya tinggal beberapa hari lagi. Keberhasilan ini juga membawa Liberty Media mengalahkan tawaran saingannya dari TKO, perusahaan yang mencantumkan WWE dan UFC sebagai merek olahraga ternama di bawah payungnya.

Hak MotoGP saat ini dimiliki oleh Dorna. Pemegang saham Dorna adalah perusahaan ekuitas swasta Bridgepoint, Dewan Investasi Rencana Pensiun Kanada, dan manajemen senior Dorna.

Liberty Media, yang menurut Forbes sebagai kerajaan olahraga terkaya di dunia, mengambil alih F1 pada 2016.

Melalui peningkatan fokus pada media sosial dan acara Netflix yang sangat populer Drive To Survive, Liberty Media dipuji karena meningkatkan popularitas F1. Mereka telah menambahkan balapan di Las Vegas dan Miami, serta di Jeddah dan Doha.

Pengambilalihan seri balap motor terkemuka di dunia ini diprediksi akan membuat mereka meningkatkan popularitas kejuaraan.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek