Juara Copa del Rey, Penantian 40 Tahun Athletic Bilbao Berakhir - BeritaSatu

 

Juara Copa del Rey, Penantian 40 Tahun Athletic Bilbao Berakhir

Minggu, 7 April 2024 | 11:08 WIB
Bernadus Wijayaka, Antara / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Athletic Bilbao merebut gelar juara Copa del Rey 2023/2024 setelah menang adu penalti 4-2 atas Real Mallorca. Kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit pertandingan final di Estadio de la Cartuja, Minggu (7/4/2024) dini hari WIB. Kemenangan itu mengakhiri penantian Athletic Bilbao selama 40 tahun untuk meraih gelar Copa Del Rey.

Di partai final Copa del Rey tersebut, Bilbao bermain lebih agresif dan menekan Mallorca sejak kick-off dengan mengandalkan kecepatan para penyerangan mereka.

Pada menit ke-16, Bilbao menciptakan peluang lewat upaya Ruiz dr Galarreta. Namun, bola masih bisa ditepis oleh Dominik Greif.

Mallorca membalas pada menit ke-19 lewat sepakan keras Vedad Muriqi. Namun, belum membuahkan gol karena diadang Julen Agirrezabala.

Mallorca secara mengejutkan unggul duluan pada menit ke-21 lewat Dani Rodriguez. Gol diawali kemelut di kotak penalti. Dani mendapat bola sebelum menendangnya masuk ke gawang.

Nico sempat menyamakan skor pada menit ke-39 lewat permainan umpan pendek di tepi kotak penalti sebelum menendang bola ke tiang jauh. Namun, gol itu dianulir VAR karena Nico terjebak offside.

Memasuki babak kedua, Bilbao masih mendominasi permainan. Usaha Bilbao akhirnya berbuah gol penyeimbang pada menit ke-50. Umpan terobosan Nico diterima Oihen Sancet yang masuk dari lini kedua dan langsung melepaskan tembakan ke tiang jauh gawang Greif.

Skor 1-1 bertahan selama 120 menit dan juara Copa Del Rey 2023/2024 harus ditentukan lewat adu penalti.

Empat penendang Bilbao, yaitu Alex Berenguer, Vesga, Muniain, dan Raul Garcia, sukses menunaikan tugasnya. Di kubu lawan, hanya Manu Morlanes dan Radonjic yang berhasil menyarangkan bola.

Bilbao menjadi juara Copa del Rey untuk pertama kalinya dalam 40 tahun. Ini merupakan gelar ke-23 Bilbao di ajang Copa del Rey. Mereka hanya kalah dari Barcelona yang berhasil mengumpulkan 31 gelar.

Barcelona juga yang dikalahkan oleh Bilbao di final Copa del Rey pada 1984 silam.

Mallorca terakhir menjadi juara Copa del Rey pada 2003. Tahun lalu, gelar juara menjadi milik Real Madrid.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita