Ini Profil Shen Yin Hao, Wasit yang Dianggap Rugikan Indonesia Saat Dikalahkan Uzbekistan - inews

 

Ini Profil Shen Yin Hao, Wasit yang Dianggap Rugikan Indonesia Saat Dikalahkan Uzbekistan

Selasa, 30 April 2024 | 00:17 WIB
Bernadus Wijayaka / BW

Wasit Shen Yinhao dari Tiongkok. (Istimewa/Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com – Indonesia dirugikan oleh keputusan kontroversial wasit Shen Yin Hao. Wasit asal Tiongkok ini memimpin jalannya pertandingan semifinal Piala Asia U-23 antara Indonesia vs Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Senin (24/4/2024).

Shen Yin Hao adalah wasit berlisensi FIFA dari Federasi Sepak Bola Tiongkok. Shen aktif sebagai wasit internasional sejak 2018. Dari berbagai sumber, Shen Yin Hao telah memimpin tujuh pertandingan di berbagai kompetisi hingga sekarang

Selama karier sebagai wasit internasional, Shen Yin Hao dikenal dengan pengambilan keputusan yang tegas di lapangan, meski kadang dianggap kontroversial.

Ia memimpin laga ketika Thailand U-23 kalah 0-5 dari Arab Saudi. Ia mengeluarkan empat kartu kuning.

Shen Yin Hao juga pernah memimpin pertandingan antara Timnas Indonesia U-22 melawan Kamboja di SEA Games 2023. Shen Yin Hao menunjuk titik penalti setelah Muhammad Ferarri dinilai melanggar pemain Kamboja. Namun, dalam tayangan ulang, pelanggaran tersebut terjadi di luar kotak penalti, tetapi pemain Kamboja terjatuh di dalamnya,

Saat memimpin laga Indonesia vs Uzbekistan, Shen Yin Hao dibantu ofisial lain, yaitu Guo Jingtao dan Luo Zheng sebagai asisten wasit, serta Mooud Bonyadifard sebagai wasit keempat. Wasit VAR dipegang Sivakorn Pu-Udom dan Hanna Hattab.

Dalam laga Indonesia vs Uzbekistan, wasit Shin Yin Hao dianggap melakukan keputusan yang dinilai kontroversial. Keputusan itu, antara lain menganulir gol Muhammad Ferarri yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Uzbekistan. Shen Yin Hao menganggap Ramadhan Sananta lebih dulu berdiri dalam posisi offside.

Shen Yin Hao juga tidak memberi penalti seusai Witan Sulaeman dijatuhkan di kotak terlarang. Pelatih Shin Tae-yong juga diberi kartu kuning.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek