Wasit Kontroversial Piala Asia 2023 Pimpin Vietnam vs Indonesia - CNN Indonesia

 

Wasit Kontroversial Piala Asia 2023 Pimpin Vietnam vs Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Wasit kontroversial di Piala Asia 2023, Alireza Faghani, akan memimpin pertandingan Vietnam vs Indonesia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa (26/3).

Berdasarkan pengumuman AFC yang dilaporkan media Vietnam, Bongdaplus, nama wasit sudah ditentukan. Alireza Faghani dinyatakan bakal memimpin pertandingan itu.

Alireza menciptakan kontroversi pada laga 16 besar Piala Asia 2023 antara Irak vs Yordania. Dalam pertandingan itu, Alireza Faghani memberi sanksi kartu kuning kedua kepada Aymen Hussein setelah sang pemain melakukan selebrasi makan usai mencetak gol yang membuat Iran unggul 2-1.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hussein dianggap mengulur waktu karena berselebrasi dua kali, di luar garis lapangan bersama suporter dan gestur pura-pura makan di dalam lapangan.

Kartu kuning kedua dari wasit asal Iran berpaspor Australia itu memaksa Hussein meninggalkan lapangan sehingga Irak bermain dengan 10 pemain. Yordania kemudian membalikkan keadaan menjadi 3-2 dan memenangkan pertandingan.

Selain itu Alireza dianggap membawa keberuntungan bagi Vietnam karena wasit 46 tahun itu pernah beberapa kali memimpin pertandingan The Golden Stars di berbagai ajang dan berujung kemenangan.

Salah satu pertandingan Vietnam yang dipimpin Alireza sebagai wasit adalah leg kedua final Piala AFF 2018. Kala itu Vietnam menjamu Malaysia di Stadion My Dinh. Vietnam keluar sebagai juara karena menang 1-0 dan unggul agregat 3-2 atas Malaysia.

Kemudian pertandingan Vietnam lainnya yang dipimpin oleh Alireza adalah babak 16 besar Piala Asia 2019. The Golden Stars sukses memenangkan pertandingan atas Yordania lewat drama adu penalti sekaligus lolos ke babak perempat final.

Sementara Alireza baru satu kali menjadi wasit pertandingan Timnas Indonesia, yakni saat dikalahkan Malaysia 0-2 pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kini Alireza kembali ditunjuk sebagai wasit di pertemuan kedua Vietnam vs Indonesia pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Vietnam mengusung misi balas dendam terhadap Indonesia karena kalah 0-1 pada laga sebelumnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3).

(har)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek