Mantan Presiden Asosiasi Sepak Bola Tiongkok Dihukum Penjara Seumur Hidup - BeritaSatu

 

Mantan Presiden Asosiasi Sepak Bola Tiongkok Dihukum Penjara Seumur Hidup

Selasa, 26 Maret 2024 | 12:34 WIB
Iman Rahman Cahyadi / CAH

Mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Tiongkok (CFA), Chen Xuyuan (Istimewa/Istimewa)

Beijing, Beritasatu.com - Mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Tiongkok (CFA), Chen Xuyuan, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena suap. Chen Xuyuan dinyatakan mengaku bersalah menerima suap sebesar 81 juta yuan ($11,2 juta; £8,9 juta) pada bulan Januari lalu.

Tindakan keras anti-korupsi yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping telah menghancurkan sektor olahraga, perbankan, dan militer. Dalam sepak bola, lebih dari selusin pelatih dan pemain telah diselidiki.

Persidangan di Pengadilan Menengah Rakyat Huangshi di Tiongkok tengah mengungkap aktivitas terlarang Chen dari tahun 2010 hingga 2023, termasuk peran sebelumnya sebagai presiden dan ketua Shanghai International Port Group.

Jaksa mengatakan Chen menerima uang dan barang berharga sebagai imbalan atas bantuannya dalam mendapatkan kontrak proyek dan mengatur acara olahraga. Keputusan pengadilan mengatakan dia telah membawa kerusakan besar pada sepak bola Tiongkok.

Media pemerintah juga mengatakan bahwa tiga pejabat senior sepak bola lainnya pada Selasa dijatuhi hukuman antara delapan dan 14 tahun penjara karena korupsi.

Awal tahun ini, mantan gelandang Everton dan mantan pelatih kepala timnas Tiongkok, Li Tie, mengaku mengatur pertandingan dan menawarkan suap kepada orang-orang, termasuk Chen, untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pelatih terbaik Tiongkok.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok juga mengonfirmasi bahwa Son Jun-ho dari Korea Selatan, yang bermain untuk Shandong Taishan, ditahan polisi terkait kasus suap.

Kementerian luar negeri Korea Selatan mengatakan pekan ini bahwa dia telah dibebaskan dari tahanan.

Sebelumnya, Presiden Xi telah menyuarakan ambisinya untuk mengubah Tiongkok menjadi negara sepak bola yang besar. Pada tahun 2011, ia mengutarakan tiga targetnya untuk sepak bola Tiongkok, yakni lolos ke Piala Dunia, menjadi tuan rumah piala dunia, dan menjadi juara dunia.

Selama dekade terakhir, klub-klub di Liga Super Tiongkok telah menghabiskan banyak uang untuk menarik beberapa pemain top dunia, termasuk gelandang Brasil Oscar, mantan penyerang Argentina Carlos Tevez, dan pemain internasional Belgia Axel Witsel.

Namun, hal itu mengakibatkan klub menumpuk utang dan CFA mengumumkan batasan gaji pada tahun 2020. Pada saat itu, dikatakan bahwa langkah tersebut bertujuan untuk memfokuskan investasi pada pengembangan talenta dalam negeri dibandingkan mengimpor bintang internasional.

Kini, hanya sedikit pemain asing yang tersisa di liga. Penahanan baru-baru ini terhadap tokoh-tokoh penting sepak bola telah memberikan kemunduran lain terhadap ambisi sepak bola negara tersebut.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek